Camat Batu Yopi Supriadi saat menandatangani deklarasi damai di Pendopo Senopati Praja, Kecamatan Batu, Rabu (18/9/2019).
Camat Batu Yopi Supriadi saat menandatangani deklarasi damai di Pendopo Senopati Praja, Kecamatan Batu, Rabu (18/9/2019).

MALANGTIMES - Masa kampanye Pemilihan Kepada Desa (pilkades) Kota Batu bakal digelar pada 23 September mendatang. Untuk itu Camat Batu, Yopi Supriadi berpesan agar tidak menyelipkan ujaran kebencian yang disampaikan dalam deklarasi Pilkades se Kecamatan Batu di Pendopo Senopati Praja, Kecamatan Batu, Rabu (18/9/2019).

Dalam deklarasi ini langsung dihadiri oleh 14 calon kepala desa dari tiga desa yang mengikut di Kecamatan Batu. Antara lain Desa Sumberejo memiliki 5 calon kepada desa, antara lain di urutan 1 ada Nurul Akbar, urutan ke 2 ada Novi Dwi Istika, ke 3 ada Riyanto, nomor urut 4 ada Gagas Aryo Seto, dan nomor urut 5 ada Tekat. 

Lalu di Desa Oro-Oro Ombo ada 4 Calon kepala desa anatara lain urutan pertama diduduki Heri Pranowo, ke dua ada Gatot Wusdua, ketiga adalah Lukito Bowo, dan Wiweko no urut 4.

Kemudian, untuk Desa Sidomulyo ada Hernanto nomor urut 1, dilanjutkan Hanaf nomor urut 2, Taufiq Abdul Rouf nomor 3, Suharto nomor 4, dan Juni Purnomo nomor urut 5. Dengan melakukan penandatanganan Deklarasi Damai.

“Tinggal menghitung hari lagi sudah masa kampanye, dengan deklarasi damai ini kami menghimbau kepada calon kepala desa, tim-nya agar bersaing dengan sehat. Jangan sampai memberikan ujaran kebencian khususnya di media social,” kata Yopi.

Ia menambahkan, agar tidak ada hal tersebut rupanya menjadi perhatian khusus dengan mengawasi jika ada tindak ujaran kebencian . Tujuannya saat didapati ujaran kebencian akan segera ditindak lanjuti sesuai dengan aturan. “Kalau ada ujaran di media sosial tentunya akan ditindaklanjuti sesuai dengan Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE),” tutupnya.