Ditinggal Bekerja, Rumah Warga Wagir Ludes Diamuk Si Jago Merah

MALANGTIMES - Kepanikan dialami masyarakat sekitar yang tinggal di Dusun Lemah Duwur, Desa Sitirejo, Kecamatan Wagir, Senin (16/9/2019) pagi. Kehebohan ini terjadi setelah warga mengetahui adanya peristiwa kebakaran yang terjadi di rumah Gunawan (warga setempat).

”Berdasarkan hasil penyidikan sementara, penyebab kebakaran diduga kuat karena konsleting listrik,” kata Kasubag Humas Polres Malang, AKP Ainun Djariyah saat dikonfirmasi MalangTIMES.com.

Diperoleh keterangan, insiden kebakaran yang menghanguskan rumah Gunawan ini terjadi sekitar pukul 08.00 WIB. Saat itu kondisi rumah pria 35 tahun itu dalam keadaan kosong, lantaran yang bersangkutan sedang pergi bekerja sebagi buruh harian lepas.

Berselang sekitar 30 menit kemudian, Andrianto (tetangga korban) yang kebetulan hendak melintas ke rumah Gunawan, melihat kepulan asap dan semburan api nampak memenuhi seisi rumah korban.

Mengetahui hal ini, pria 30 tahun itu berserta warga sekitar bergegas melaporkan ke pihak kepolisian sembari berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Mendapat laporan, petugas gabungan dari Polsek Wagir beserta PMK Kabupaten Malang diterjunkan ke lokasi kejadian, guna melakukan upaya pemadaman. ”Tidak ada korban jiwa atas peristiwa kebakaran ini, hanya saja rumah beserta perabotan yang ada di rumah korban ludes terbakar. Akibat insiden ini kerugian ditaksir mencapai lebih dari Rp 50 juta,” terang Ainun.

Terpisah, Kepala Seksi PPBK (Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran) Kabupaten Malang, Agus Suyanto yang mendapat informasi adanya kebakaran. Langsung menerjunkan tiga unit mobil pemadam kebakaran ke lokasi kejadian.

Namun kondisi rumah yang terbuat dari gedhek (anyaman bambu), membuat api cepat merambat dan melahab bangunan dan seisi rumah korban. ”Api baru bisa dipadamkan sekitar 1,5 jam paska insiden kebakaran terjadi,” tutup Agus.

 

Top