Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha, Dishub Kabupaten Malang : Kado Bagi Bupati Malang

MALANGTIMES - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Malang, kembali menyabet penghargaan tertinggi dalam penataan transportasi publik berkelanjutan dan ramah lingkungan. Yakni, penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) 2019 yang pengumuman dan penyerahannya dilakukan Minggu (15/09/2019) kemarin, di Jakarta.

Diraihnya penghargaan WTN 2019 ini semakin melengkapi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dishub yang beberapa tahun lalu juga menjadi langganan juara. Tercatat, sudah yang kelima kalinya Dishub Kabupaten Malang menjadi kabupaten/kota terbaik dalam urusan penataan transportasi di wilayahnya.

Raihan bergengsi ini juga bersamaan dengan akan dilantiknya Sanusi yang saat ini menjabat Plt Bupati Malang, menjadi Bupati Malang definitif, Selasa (17/09/2019) besok di Surabaya. 

"Ini seperti kebetulan momentnya. Saat kami mendapat penghargaan WTN ini, besoknya Pak Sanusi akan dilantik jadi Bupati definitif," kata Hafi Lutfi Kepala Dishub Kabupaten Malang, Senin (16/09/2019) kepada MalangTIMES.

Momen yang terbilang bersamaan ini pula, yang membuat Dishub Kabupaten Malang juga mempersembahkan raihan prestisiusnya itu sebagai kado pertama kepada Sanusi.

"Penghargaan WTN 2019 sebagai kado pertama kami untuk Pak Sanusi yang akan dilantik sebagai Bupati Malang definitif," ujar mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang ini.

Terkait penghargaan WTN 2019, Lutfi juga menjelaskan, bahwa pihaknya tidak akan terlena atas keberhasilan tersebut. Bahkan, dirinya meminta kepada seluruh jajarannya untuk lebih memberikan pelayanannya kepada masyarakat Kabupaten Malang.

Sanusi Plt Bupati Malang (peci hitam) bersama para driver se-kabupaten Malang (for MalangTIMES)

"Penghargaan ini harapan saya menjadi cambuk bagi kita semua untuk lebih meningkatkan kinerja. Menjadi penyemangat ke arah yang lebih baik lagi dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat," tegasnya.

Pasalnya, bicara pelayanan kepada masyarakat sifatnya dinamis dan terus berubah dengan kondisi dan zaman setiap tahunnya. Sehingga, tidak ada istilah selesai untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. WTN hanyalah satu indikator keberhasilan yang tentunya juga setiap tahun akan mengalami perubahan dan perkembangan dengan kondisi saat ini.

"Jadi saya tekankan jangan terlena. Tantangan ke depan tentunya akan semakin kompleks dan membutuhkan strategi dan kinerja yang lebih lagi. Kita akui masih banyak kekurangan dalam menjalankan pelayanan. Ini yang harus terus disempurnakan ke depannya," ujar Lutfi. 

Sanusi pun memberikan apresiasinya atas raihan Dishub Kabupaten Malang dalam gelaran Kementerian Perhubungan RI terkait penataan transportasi publik. Dimana, dirinya menyampaikan ucapan terimakasih atas capaian itu yang membuat Kabupaten Malang menjadi yang terbaik di skala Indonesia.

Politikus PKB ini juga menegaskan, bahwa persoalan transportasi publik memang menjadi urgen untuk terus ditingkatkan. "Ini menjadi urgen apalagi dalam pertumbuhan ekonomi Kabupaten Malang yang terus juga berpacu. Kita tentunya tidak ingin daerah kita menjadi daerah semrawut transportasinya. Masalah transportasi juga berkaitan dengan keselamatan warga kita di jalanan," ujar Sanusi.

Karena itu, lanjutnya, dirinya memberikan apresiasi atas kinerja Dishub Kabupaten Malang yang mampu meraih penghargaan WTN 2019.

"Ini membuktikan, bahwa Pemkab Malang memiliki komitmen untuk terus mewujudkan pelayanan dan penataan yang baik dalam transportasi publik," pungkas nya.

Top