Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba-Serbi

Makam Prodeo di Kota Malang, Ratusan Orang Tak Dikenal Dikubur di Sini

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

15 - Sep - 2019, 14:00

Mr X yang dimakamkan petugas di Makam Prodeo (UPT PPU for MalangTIMES)
Mr X yang dimakamkan petugas di Makam Prodeo (UPT PPU for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Mungkin masih banyak masyarakat Kota Malang yang  belum mengetahui makam yang satu ini. Ya Kota Malang memiliki satu makam khusus yang berbeda dengan makam-makam lainnya.

Makam tersebut adalah Makam Prodeo. Makam Prodeo merupakan makam yang dikhususkan untuk mereka yang meninggal di Kota Malang dan identitasnya tak diketahui alias Mr/Mrs X.

Baca Juga : Akhir Kisah Sahabat Rasulullah yang Mengatakan Zakat Adalah Pungli

Para Mr/Mrs  X yang meninggal tersebut kebanyakan merupakan korban tabrak lari maupun orang-orang yang ditemukan meninggal tanpa identitas dan bayi-bayi yang meninggal karena dibuang. Jenazah orang tak dikenal itu dikirim dari RS Saiful Anwar (RSSA) setelah menjalani masa tunggu guna mencari keluarganya.

Namun jika sampai batas waktu yang ditentukan selama dua bulan tak kunjung ada yang membenarkan jika Mr/Mrs X adalah keluarganya, maka jenazah akan langsung dikirim ke Makam aprodeo guna dimakamkan.

Makam Prodeo sendiri terletak dikawasan Kelurahan Polehan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Makam tersebut berada di sisi timur, tepatnya di blok lima dengan luas 2.500 meter persegi.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelola Pemakaman Umum (PPU) Disperkim Kota Malang Takroni Akbar menjelaskan, di Makam Prodeo saat ini telah banyak Mr/Mrs X ang telah dimakamkan.

Meskipun jumlah Mr/Mrs X yang dimakamkan di situ belum dijelaskan pasti, Taqroni menyebut, dalam setahun jumlah Mr/Mrs X yang dimakamkam bisa mencapai sekitar 45 orang.

"Meskipun jenazah-jenazah tersebut identitasnya tidak diketahui, kami tetap memakamkannya dengan layak. Termasuk kami doakan juga," jelas Takroni.

Baca Juga : Pengantin 'Masker', Anak Kapolsek Beji Menyambut Hari Bahagia di Tengah Pandemi Covid-19

Setelah  pemakamannya, bisa saja di kemudian hari ada keluarga yang melakukan pencarian. Untuk memudahkan itu, pihak UPT tetap melakukan registrasi maupun mencatat tanggal, tahun, hari maupun jamnya.

"Kalau Makam Prodeo pada batu nisan dikasih nomor sandi. Ini untuk memudahkan jika mungkin suatu saat ada keluarga yang mencari," pungkasnya. 
 

 


Topik

Serba-Serbi Makam-Prodeo-di-Kota-Malang makam-untuk-mayat-tanpa-identitas UPT-PPU-Disperkim-Kota-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni