Rektor Unikama, Dr. Pieter Sahertian saat akan menerima tanaman bunga dari mahasiswa baru (Unikama for MalangTIMES)
Rektor Unikama, Dr. Pieter Sahertian saat akan menerima tanaman bunga dari mahasiswa baru (Unikama for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Hari terakhir Program Pengenalan Pendidikan Tinggi (P3T), Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama), diisi dengan berbagai kegiatan menarik dan meriah. Sedari pagi, para mahasiswa baru kompak memakai training olahraga dengan baju P3T dan kemudian melakukan senam bersama yang membuat suasana begitu semarak dan heboh.  

Baca Juga : Belajar dari Rumah Lewat TVRI Mulai Hari Ini, Intip Jadwalnya Yuk!

Selain itu, 1053 mahasiswa baru Unikama, juga mengikuti program Go Green, dimana mahasiswa berpartisipasi menghijaukan dan membuat Kampus Unikama semakin asri. Masing-masing mahasiswa baru, membawa satu jenis tanaman, sehingga dari jumlah 1053 mahasiswa itu, terkumpul 1053 tanaman yang nantinya akan ditanam di kawasan Kampus Unikama.

Rektor Unikama, Dr. Sahertian, menjelaskan, jika program Go Green ini merupakan program dari panitia, dimana para mahasiswa diajak untuk menghijaukan kawasan kampus.

"Dengan demikian, mereka juga punya tanggung jawab moral, untuk memberi kesejukan dan kenyamanan kampus, sehingga oksigen bisa dinikmati bersama," bebernya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, jika para mahasiswa bisa belajar dari sebuah tanaman atau pohon. Sebuah tanaman atau pohon, bisa tumbuh jika memiliki akar yang kuat. Akar tersebut merupakan analogi dari Sumber daya Manusia (SDM) di kampus. Karena, jika SDM kampus di bawah kuat, maka nantinya akan berdampak pada SDM di atasnya.

Baca Juga : Cegah Covid 19 Pada Lansia dan Anak-Anak, Pemkot Batu Akan Beri Tambahan Nutrisi

"Kalau bawah ini kuat, semua akan kuat keatas nya. Tapi pohon maknanya juga memberi manfaat bagi lingkungan, seperti keteduhan dan kenyamanan bagi sekitarnya. Sehingga hal itu juga bisa menjadi analogi, jika setelah lulus nantinya, para mahasiswa bisa memberikan kebermanfaatan bagi banyak orang," jelasnya.

Semua tanaman yang diserahkan, nantinya akan ditanaman di sekitaran kampus Unikama. Mengenai perawatan, Unikama memiliki tim Satuan Petugas Kebersihan (SPK) yang nantinya akan merawat tanaman-tanaman tersebut.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih, atas pemberian mahasiswa. Pemberian tanaman itu tentu sebagai cinta maupun kepedulian terhadap kampus untuk penghijauan. Makanya saya sangat berterima kasih," pungkas nya.