Salah satu tim penilai IGA dari Litbang Kemendagri, Ray Septianis Kartika (kerudung biru), saat melihat inovasi dari Kabupaten Malang. (Hendra Saputra)
Salah satu tim penilai IGA dari Litbang Kemendagri, Ray Septianis Kartika (kerudung biru), saat melihat inovasi dari Kabupaten Malang. (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Sektor teknologi informasi (IT) Kabupaten Malang dinilai meningkat. Hal itu terungkap dalam kunjungan dan penilaian  tim validasi Innovative Government Award (IGA) ke Kabupaten Malang, Kamis (12/9/2019).

Salah satu tim Litbang Kemendagri Ray Septianis Kartika melihat beberapa kemajuan yang difokuskan di sektor IT pada setiap OPD (organisasi perangkat daerah) Pemkab Malang.

"Kabupaten Malang tahun ini banyak mengalami peningkatan.btahun kemarin mereka melaporkan ada 70-an inovasi, tapi tahun ini sekitar 98 inovasi," ujar Raisa (sapaan akrab Ray Septianis Kartika) kepada MalangTIMES di pendopo Pemkan Malang.

Raisa mengaku tim validasi IGA sebelumnya mengunjungi Kota Surabaya dan Kota Malang. Namun, dia  melihat IT di Kabupaten Malang sangat dinomorsatukan dan itu mendukung pelayanan kerja  OPD.

Lebih dari itu, Raisa berharap sistem IT yang sudah digalakkan di Kabupaten Malang ini terus ditingkatkan karena mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. "Harapan kami, aplikasi ini bukan hanya sekadar proyek. Dalam arti ini bisa berkelanjutan dan membawa manfaat untuk masyarakat. Ini saya lihat sangat menunjang pelayanan pada OPD Kabupaten Malang," ungkapnya.

Tidak hanya itu. Raisa meyakini bahwa Kabupaten Malang tidak hanya menonjolkan inovasi dari sisi IT. Banyak hal lain yang bisa diangkat dengan sumber daya yang ada.

"Tidak menutup kemungkinan inovasi lainnya juga bisa mendukung selain sisi IT. Apalagi untuk peningkatan ekonomi masyarakat di Kabupaten Malang," ucapnya.