MALANGTIMES - Nasib nahas dialami Sumarto warga Dusun Melok’an, Desa Sidorejo, Kecamatan Jabung. Pria 45 tahun itu tewas secara mengenaskan usai terlibat kecelakaan maut di ruas Jalan Raya Desa Bunut Wetan, Kecamatan Pakis. 

Sesaat setelah kejadian pihak kepolisian yang tiba di lokasi kejadian, langsung mengevakuasi jenazah korban ke RSSA (Rumah Sakit Saiful Anwar) Kota Malang, Selasa (10/9/2019) malam.

”Korban meninggal dunia setelah kepalanya mengalami luka parah akibat terlindas roda truk kontainer,” kata Kanit Laka Lantas Polres Malang, Ipda Agus Yulianto, Rabu (11/9/2019).

Kronologi kecelakaan maut ini bermula saat Sumarto yang saat itu mengendarai Sepeda Motor Prima nopol N-3515-CN ini, melintas di Jalan Raya Desa Bunut Wetan dari arah barat dengan kecepatan sedang.

Setibanya di lokasi kejadian, tepatnya di kilometer 08 - 09 arah Kecamatan Pakis menuju Tumpang, Sumarto diketahui hendak mendahului truk kontainer nopol L-9182-UZ yang dikemudikan oleh Qosim warga Desa Wonokoyo, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan.

”Dari hasil penyidikan petugas di lapangan, korban diketahui mendahului truk kontainer yang melaju di depannya dari sisi kiri. Lantaran kurang berhaluan, kendaraan sepeda motor yang dikendarai korban menyerempet truk yang menyebabkan korban terpelanting ke aspal jalan,” terang Agus kepada MalangTIMES.com.

Nahas, di saat bersamaan kepala korban langsung terlindas ban truk kontainer yang dikemudikan oleh pria 38 tahun tersebut. Warga serta pengguna jalan yang mengetahui insiden ini, seketika berhamburan menyelamatkan korban. Sedangkan anggota Unit Laka Lantas Polres Malang yang mendapatkan informasi, langsung diterjunkan ke lokasi kejadian dan mengevakuasi jenasah korban ke kamar mayat RSSA Malang.

”Kasusnya masih dalam tahap penyidikan, kedua kendaraan yang terlibat kecelakaan sudah kami amankan sebagai barang bukti guna melengkapi berkas penyidikan,” ungkap Agus.

Pihaknya menambahkan, kejadian kecelakaan maut yang melibatkan sepeda motor dan truk ini bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya pada akhir bulan lalu, tepatnya pada hari Sabtu (31/8/2019) lalu. Kejadian serupa juga dialami Hariyani warga Dusun Krajan, Desa Sumakul, Kecamatan Pagak.

Korban yang saat itu dibonceng menggunakan sepeda motor, tewas sesaat setelah mendahului truk yang melintas di depannya. Lantaran mengalami luka parah di bagian kepala, perempuan 60 tahun itu akhirnya dinyatakan meninggal dunia di lokasi kejadian.

”Kasusnya hampir sama, yakni mendahului truk dari sisi kiri. Lantaran kurang berhaluan, akhirnya terjadi serempetan dan berujung hilangnya nyawa kedua pengguna jalan tersebut. Kami himbau kepada masyarakat agar tidak mendahului dari sisi kiri. Sebelum mendahului kendaraan yang melintas di depan, pastikan situasi aman dan selalu gunakan sisi sebelah kanan,” imbaunya.