Gunpala (source: Twitter)
Gunpala (source: Twitter)

MALANGTIMES - Demam film super hero Indonesia, Gundala nyatanya tak hanya digunakan oleh perusahaan-perusaahan komersil dalam mempromosikan produknya.

Kepopuleran film Bumilangit Cinematic Universe (BCU) ini memang menjadikan kesan tersendiri bagi penggemarnya. Jika sebelumnya, banyak produk Indonesia yang berlomba-lomba menampilkan promo dengan karakter tokoh utama Gundala, kali ini berbeda.

Ya, akun twitter @aadealvian, membuat karakter sebagai bentuk kritikan tentang masalah lingkungan yang saat ini tengah krusial di Indonesia, yakni soal sampah. Bagaimana tidak, sampah plastik di Indoenesia memang cukup tinggi. Negara ini bahkan sebagai penyumbang sampah plastik terbesar ke 2 di dunia.



Dalam unggahannya beberapa waktu lalu, @aadealvian menuliskan, "penggunaan plastik di negara ini sudah di luar kepala. #gundala #negeriinibutuhpatriot".

Postingan tersebut disertai foto, dimana sosok seorang memakai topeng plastik dan masker khusus. Bedanya ia bernama 'GUNPALA' yang diartikan Gundukan Plastik Dimana-mana. Tak hanya itu, di samping foto juga diberi tulisan membentuk vertikal yakni, "Negeri kita kok begini ya?".

Sontak, unggahan ini banyak mengundang netizen. Hampir semua yang berkomentar mengatakan jika desain gambar itu keren. Ada juga yang mengomentari lain seolah merujuk pada kepedulian soal sampah.



Seperti yang dituliskan oleh @ap_perdana ini. Ia membalas postingan tersebut dengan mention ke sang sutradara film Gundala @jokoanwar dan @bumilangitcom. 

"Bang @jokoanwar @bumilangitcom G sekalian promote program: "belajar urus urusan lo sendiri, belajar urus sampah lo sendiri! Jangan bikin orang lain susah!" Stop ninggalin sampah di bioskop," tulisnya.