Wali Kota Malang Sutiaji (tengah) saat menerima kunjungan dari Tim Verifikasi Kota Sehat Nasional di Balaikota Malang (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji (tengah) saat menerima kunjungan dari Tim Verifikasi Kota Sehat Nasional di Balaikota Malang (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terus berupaya mempertahankan predikat Kota Sehat Nasional. Apalagi selama empat tahun terakhir ini Kota Malang selalu meraih predikat tertinggi di bidang kesehatan 'Swati Saba Wistara'.

Wali Kota Malang, Sutiaji menyatakan Kota Malang optimis untuk meraih gelar Kota Sehat Nasional. Apalagi hal itu sudah diupayakan oleh semua pihak yang terlibat. 

"Kota Malang sudah selalu siap semuanya. Kita ini kalau bicara masalah sehat bukan tugas dari kita saja, tapi masyarakat kita juga mempunyai kepedulian yang luar biasa," ujarnya usai menyambut kunjungan Tim verifikasi kota sehat dari pusat, di Balaikota Malang, Senin (9/9).

Ia menjelaskan, indikator untuk meraih posisi Kota Sehat ini cukup banyak dan lintas sektoral. Beberapa diantaranya melibatkan Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Sosial, Dinas Pertanian dan yang paling banyak yakni Dinas Kesehatan, dan elemen lainnya.

Penilaian yang akan dilakukan tim verifikasi Kota Sehat nantinya terkait dengan polusi udara, penyakit tidak menular, sampah, hingga komitmen pemerintah dalam bidang kesehatan dan menciptakan kawasan yang sehat.

"Ternyata kota sehat itu indikatornya banyak. Kita sudah hampir memenuhi itu semua. Bahkan hingga literasi masyarakat berkaitan dengan penyakit tidak menular, mulai dari sekolah sampai usia dewasa," paparnya.

Semantara, Tim Verifikasi Kota Sehat Nasional, Kasi Pengawasan dan Perlindungan HSP, Endang Widyastuti mengatakan Kota Malang sejauh ini sudah hampir 90 persen mencapai kriteria Kota Sehat Nasional. 

Pihaknya hanya perlu melakukan verifikasi lanjutan saja. Pihaknya juga mengapresiasi Kota Malang yang telah masuk dalam kategori Wistara Kota Sehat Nasional untuk kali ke empat.

"Perlu kita apresiasi, karena Kota Malang telah mengikuti verifikasi Kota Sehat Nasional dalam kategori wistara. Dan melalui ajang penghargaan ini diharapkan sekedar mencari juara, tapi sebagai pembuktian dari komitmen pemerintah dan masyarakat untuk menciptakan wilayahnya sebagai kabupaten/kota sehat," pungkasnya.