Wali Kota Malang Ingin Adopsi Siswa SMK yang Ditelantarkan Orangtuanya

MALANGTIMES - Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan keinginannya mengadopsi siswa SMK Widyagama Kota Malang yang sempat viral lantaran ditelantarkan orangtuanya. 

Jika memenuhi persyaratan, dia ingin segera menjadikan siswa yang dikenal pendiam dan cerdas itu sebagai anak angkatnya.

"Sudah koordinasi dengan Dinas Sosial. Insya Allah akan segera ada yang adopsi, dan bisa jadi saya sendiri," katanya pada wartawan saat ditemui usai menyelesaikan salah satu giatnya di Balai Kota Malang, Senin (9/9/2019).

Menurutnya, saat ini proses pendataan sudah dilakukan oleh Dinas Sosial. Sebagai OPD pengampu, Dinsos memiliki kewajiban untuk mengawal hingga tuntas perkembangan siswa kelas X SMK Widyagama yang sejak beberapa bulan terakhir itu terpaksa harus tinggal di lingkungan sekolah.

"Dinsos sudah kawal, koordinasi juga terus dilakukan," terangnya.

Sebelumnya, warga Kota Malang sempat digegerkan dengan adanya kabar penelantaran yang menimpa salah seorang siswa SMK Widyagama. Kabar tersebut pertama kali mencuat setelah salah seorang guru di sekolah tersebut membuat thread mengharukan di twitter.

Melalui beberapa cuitan yang panjang, sang guru menceritakan awal mula kisah mengharukan yang menimpa siswa tersebut. Hingga pada akhirnya kabar tersebut tersiar luas dan didengar berbagai kalangan. Cuitan itu pun mendapat respons beragam dari warganet.

Saat ini, siswa berinisial B tersebut untuk sementara waktu akan menempati ruangan OSIS. Sementara untuk biaya sehari-hari seperti makan dan minum, para guru dan staff SMK Widyagama berinisiatif secara bergantian mengulurkan tangan untuk memberikan bantuan makanan dan minuman kepada siswa tersebut.

"Makanannya nanti kita gantian. Anaknya kan tidak ada uang. Jadi ditanggung bareng-bareng gimana caranya selama 1,5 bulan terselesaikan," kata Humas SMK Widyagama yang enggan disebutkan namanya belum lama ini.

 

Top