Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba-Serbi

Jangan Perlakukan Benda Ini Sembarangan, Bisa Fatal Akibatnya

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : A Yahya

07 - Sep - 2019, 19:43

Kaleng-kaleng mengandung gas mudah terbakar (ist)
Kaleng-kaleng mengandung gas mudah terbakar (ist)

MALANGTIMES - Kejadian kebakaran, bisa saja terjadi karena berbagai faktor. Faktor tersebut seperti korsleting listrik, lupa mematikan kompor atau lilin, bermain korek api dalam rumah maupun membuang puntung rokok sembarangan.

Selain itu, perlu diketahui, jika selain faktor-faktor tersebut, masih ada pemicu kebakaran lain yang nyatanya ada dalam kehidupam sehari-hari masyarakat. Namun terkadang banyak masyarakat yang belum menyadari, jika benda-benda tersebut bisa menjadi sumber api jika salah dalam memperlakukannya.

Baca Juga : Ramai di Twitter, Bintang Emon Kritik Warga Indonesia yang Nggak Mau di Rumah Aja Cegah Corona

Benda tersebut yakni, kaleng semprot parfum, kaleng pembasmi serangga, kaleng semprot pengharum ruangan,  kaleng semprot cat. Pasalnya, pada kemasan semprotan ini, selalu punya propellant yang ditekan, dan di dalamnya pasti ada bahan-bahan kimia berbahaya yang membuat kita tak bisa membuangnya sembarangan.

Bahkan, jika tetap nekat membuangnya sembarangan, dengan meletakkannya di suhu luar ruangan yang panas, maka bisa saja apes akan menimpa. Sebab, kaleng-kaleng tersebut sangat rentan terbakar dan meledak terkena benturan atau suhu panas.

Selain benda-benda seperti kaleng parfum, pengharum ruangan, kaleng cat semprot, mapun kaleng pembasmi serangga, benda lainnya yang tak boleh dibuang sembarangan adalah baterai maupun sisa-sisa cat dalam kaleng. Baterai maupun sisa cat dalam kaleng bisa juga menjadi sumber api. Jika kedua benda tersebut terbakar, baterai bisa meledak, sementara sisa cat dalam kaleng bisa membuat api semakin besar karena berbahan dari minyak.

"Jangan membuang benda-benda yang mengandung gas sembarangan, apalagi membakarnya, sangat berbahaya, bisa memicu api lebih besar yang bisa merembet ke sekitar," jelas Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Malang, Antonio Viera (7/9/2019).

Di Kota Malang, kejadian kebakaran karena meledaknya kaleng cat semprot, pernah terjadi di sebuah rumah di Jalan Gadang XI, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang (19/8/2019).

Baca Juga : Kreatif, Plesetan Poster Film 'Parasite' jadi 'PARAHSIH', Ingatkan Warga Taat Aturan

Saat itu, pemilik rumah mendengar suara mencurigakan seperti ledakan di belakang rumah.  Dari situ, pemilik yang merasa janggal kemudian menuju ruang belakang. Di situ ia melihat sebuah kaleng cat semprot seperti baru saja meledak dan terjatuh di belakang rumah.

Ia juga begitu terkejut ketika melihat api berkobar  membakar bagian kamar atas. Namun beruntung, api tak bertambah besar setelah kesigapan dari Damkar Kota Malang.

"Sekali lagi kami mengimbau kepada seluruh warga masyarakat Kota Malang dan sekitarnya, agar  berpartisipasi dalam mencegah terjadinya kebakaran. Tidak membakar sampah maupun lahan-lahan secara sembarangan. Termasuk kebiasaan membuang bahan-bahan mudah terbakar," pungkasnya.


Topik

Serba-Serbi malang berita-malang Jangan-Perlakukan-Benda-Ini-Sembarangan Kejadian-kebakaran -bisa-saja-terjadi-karena-berbagai-faktor


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

A Yahya