Kondisi rerumpunan bambu yang baru saja terbakar (ist)
Kondisi rerumpunan bambu yang baru saja terbakar (ist)

MALANGTIMES - Warga Perumahan Joyogrand, RT 8 RW 8, Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, sekitar pukul 12.53 WIB, heboh. Sebab, kawasan barongan atau rerumpunan bambu yang berderet panjang bersebelahan dengan kawasan Perumahan Joyogrand tersebut kembali terbakar oleh si jago merah (7/9/2019).

Daun-daun kering dari pohon-pohon bambu di sekitar yang begitu lebat, semakin memanjakan api untuk bisa berkobar menjadi besar dan kian menjalar ke beberapa titik. Kejadian kebakaran di lokasi tersebut, bukan pertama kalinya. Beberapa kejadian terbakarnya kawasan barongan tersebut, terjadi pada 7 Oktober 2018 dan 19 Juni 2019.

Dan diduga, penyebab dari dua kejadian kebakaran tersebut, sama seperti penyebab kebakaran yang kali ini terjadi, yakni dikarenakan terdapat orang yang tak bertanggung jawab membuang puntung rokok sembarangan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran (Damkar), Kota Malang, Antonio Viera menjelaskan, jika pihak Damkar Kota Malang, mendapatkan laporan tersebut sekitar pukul 12.55 WIB. Kemudian dua menit berselang, sekitar pukul 12.57 tim Damkar Kota Malang segera meluncur ke lokasi kejadian.

Meskipun, lokasi kejadian berada di ujung perumahan, dan kondisi medan jalan yang cukup sempit dilewati satu truk, karena berada di lokasi perumahan sempat menjadi kendala. Sebab satu truk besar Damkar Kota Malang, tak bisa masuk lebih jauh ke lokasi kejadian.

"Namun itu tak terlalu menghambat, upaya pemadaman. Setelah di sana, petugas langsung melakukan upaya pemadaman dengan armada Damkar serta kurang lebih 18 personel terjun," paparnya.

Selang satu jam kemudian, api yang membakar rerumpunan bambu, bisa dipadamkan dengan guyuran 12 ribu liter air sebelum merembet lebih jauh lagi. "Kawasan yang terbakar, sekitar 6x8 meter persegi," ungkapnya.

Sementara itu, beruntung dalam kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa maupun menimbulkan kerugian materi bagi warga sekitar. Namun terkait penyebab kebakaran, saat ini masih belum diketahui pasti. Pihak kepolisian sendiri masih terus melakukan penyelidikan. Diduga kebakaran akibat warga yang membuang puntung rokok sembarangan.

Kapolsek Lowokwaru, Kompol Pujiono, dikonfirmasi mengenai adanya dugaan kesengajaan pembakaran lahan tersebut, mengingat sudah beberapa kali terjadi, masih belum bisa tersambung ketika dihubungi MalangTIMES.