Petugas Kejaksaan Negeri Kota Malang yang tengah melakukan pelayanan konsultasi (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Petugas Kejaksaan Negeri Kota Malang yang tengah melakukan pelayanan konsultasi (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Malang, turut berpartisipasi dalam kegiatan roadshow Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi. Kejari Kota Malang, membuka sebuah stan yang bebas untuk dikunjungi oleh masyarakat mulai dari tanggal 6 sampai 8 September 2019.

Di stan tersebut, Kejari Kota Malang membuka pelayanan konsultasi hukum kaitan dengan pidana maupun perdata yang langsung dilayani oleh petugas maupun jaksa dari Kejari Kota Malang, tanpa dipungut biaya alias gratis.

Berbagai permasalahan, seperti kaitan permasalahan hukum pidana dan perdata, seperti penuntutan, perceraian, masalah warisan, masalah jual-beli maupun sewa-menyewa, bisa langsung ditanyakan atau dibeberkan di stan Kejari Kota Malang.

Pelaksana Harian (Plh), Kepala Seksi (Kasi) Pidana Khusus (Pidsus), Ade Elvi Trisnawati menjelaskan, jika memang pihak Kejari Kota Malang, membuka selebar-lebarnya untuk masyarakat berkonsultasi beragam permasalah hukum pidana maupun perdata.

"Silahkan berkonsultasi di stan Kejari Kota Malang. Mungkin masyarakat yang sebelumnya belum sempat ke Kejari Kota Malang, bisa mampir di sini. Semoga setelah berkonsultasi di sini, masyarakat bisa mendapatkan pencerahan," jelasnya.

Lanjutnya, selain membuka pelayanan tersebut, Kejari Kota Malang, juga melakukan upaya pengenalan tugas-tugas dari kejaksaan dengan beberapa bidang yang ada di dalamnya.

"Ada Bidang Pembinaan, Seksi Pidana Umum (Pidum), Seksi Pidsus, Seksi Perdata dan Tata Usaha (Datun) maupun seksi Barang Bukti," ungkapnya.

Selain itu, selaras dengan KPK, dimana salah satu bidang di Kejari Kota Malang juga fokus dalam pemberantasan korupsi, pihak Kejari Kota Malang, juga turut melakukan sosialisasi kepada para pengunjung maupun siswa yang datang agar menanamkan anti korupsi dalam dirinya.

Sementara itu, masyarakat yang tak sempat mengunjungi stan tersebut, namun ingin melakukan konsultasi, tak usah takut mendapat persyaratan rumit. Masyarakat bisa langsung datang ke Kantor Kejari Kota Malang. Syarat yang dibutuhkan cukup foto copy kartu identitas. Selain itu, masyarakat bisa langsung datang ke Kantor Kejari Kota Malang atau menghubungi nomor telfon yang tertera, yakni 0821 2418 8235.

Dengan adanya fasilitas konsultasi dari Kejari Kota Malang ini, pihaknya berharap, agar masyarakat bisa mendapatkan pencerahan mengenai permasalahan yang dialami, sehingga terhindarkan dari konsekuensi hukum yang bisa menjeratnya.