Mengurus Izin Semakin Dipermudah, DPMPTSP Kota Malang Pastikan Pengawasan Lebih Ketat

MALANGTIMES - Mengurus izin semakin dipermudah melalui sederet inovasi yang dibuat, baik melalui kebijakan pemerintah pusat maupun daerah.

Meski begitu, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Malang memastikan pengawasan terhadap jenis izin yang akan dikeluarkan lebih diperketat.

Kepala DPMPTSP Kota Malang, Erik Setyo Santoso menyampaikan, setiap izin yang diajukan selalu mendapat pengawasan dari tim. 

Tanpa kecuali izin yang diajukan melalui Online Single Submission (OSS) yang diharuskan untuk pemenuhan komitmen. 

Jika tidak, maka akan diberikan surat peringatan hingga pencabutan izin.

"Kami wajib memberikan pengawasan sebelum dan sesudah izin dikeluarkan. Kami bermitra dengan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), salah satunya Satpol PP," katanya pada MalangTIMES belum lama ini.

Erik menjelaskan, izin yang diajukan melalui OSS akan selalu dalam pengawasan dan pemantauan pemerintah daeSetelahbelum izin diberikan, maka tim gabungan DPMPTSP dan dinas pengampu akan melihat langsung kondisi di lapangan. Apakah sudah sesuai ketentuan yang ditetapkan atau belum.

"Kami akan cek ke lapangan. Jika tak sesuai akan ada penghentian sementara, denda administratif, dan pencabutan izin usaha," tegasnya.

Dia pun berharap masyarakat semakin terbuka dengan beberapa perizinan. 

Karena izin yang diurus pada dasarnya beragam dan tak hanya terpaku pada izin usaha saja.

Melainkan juga ada beberapa jenis izin non usaha seperti izin mendirikan bangunan (IMB) yang semestinya diketahui masyarakat lebih luas.

Untuk memperkenalkan regulasi hingga tata cara mengurus izin itu, DPMPTSP Kota Malang gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Sasarannya pun para tokoh masyarakat yang diyakini mampu menyebarluaskan informasi kepada masyarakat lebih luas lagi.

"Perizinan ini selalu mengalami perubahan dengan inovasi yang dibuat. Masyarakat selalu kami ajak mengenalnya dan memahami. Sehingga, edukasi dan sosialisasi menjadi cara efektif untuk memperkenalkan sederet regulasi dan jenia perizinan kepada masyarakat," pungkasnya.

Top