Tersangka beserta barang bukti sepeda motor hasil penggelapan saat diamankan polisi. (Foto : Polsek Pakis for MalangTIMES)
Tersangka beserta barang bukti sepeda motor hasil penggelapan saat diamankan polisi. (Foto : Polsek Pakis for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Akibat aksi nekatnya, Ria Indrianti -warga Dusun/Desa Dadapan, Kecamatan Wajak, Kabupate  Malang-  akhirnya dijebloskan ke dalam penjara. Wanita yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga ini diringkus polisi setelah nekat membawa lari sepeda motor milik majikannya.

”Tersangka Ria kami amankan lantaran kasus penggelapan sepeda motor. Sebelum ditangkap petugas, tersangka sempat kabur selama dua hari usai membawa lari sepeda motor milik korban,” kata Kapolsek Pakis Iptu Sutiyo, Jumat (6/9/2019).

Diperoleh keterangan, aksi penggelapan kendaraan bermotor ini terjadi pada Selasa (3/9/2019) malam. Saat itu, sekitar pukul 20.30 WIB, tersangka Ria yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga di salah satu rumah yang berlokasi di Perum Araya, Jalan Telaga Golf, Desa Tirtomoyo, Kecamatan Pakis, berpamitan kepada majikannya untuk pergi sebentar guna membeli sate.

Mendengar permintaan tersebut, majikannya yang bernama Rosda Rosdiana mengizinkan pembantunya  keluar meninggalkan rumah. ”Saat itu tersangka yang mengaku hendak membeli sate pergi meninggalkan rumah dengan mengendarai sepeda motor milik majikannya,” sambung Sutiyo.

Sekitar 1,5 jam kemudian, tersangka tak kunjung pulang ke rumah majikannya. Merasa ada yang janggal, Rosda Rosdiana akhirnya memilih menghubungi pelaku melalui telepon. Namun meski sudah berkali-kali dihubungi, panggilan telepon dari wanita 44 tahun itu selalu diabaikan oleh Ria.

Hingga keesokan harinya, Rabu (4/9/2019) siang, tersangka yang pergi meninggalkan rumah dengan mengendarai sepeda motor N-Max nopol N-3595-ABC milik majikannya tersebut justru menghilang. Ria tidak kembali ke rumah korban.

Merasa sepeda motornya dibawa lari oleh pembantu rumah tangganya, Rosda akhirnya membawa kasus ini ke ranah hukum. Mendapat laporan, jajaran kepolisian Unit Reskrim Polsek Pakis langsung diterjunkan ke lapangan guna melakukan penyelidikan.

Sehari berselang Kamis (5/9/2019), polisi yang mendapat informasi akan keberadaan pelaku langsung meringkusnya. Ketika ditangkap petugas, tersangka Ria kedapatan sedang membawa sepeda motor milik korban.

Lantaran tertangkap tangan, perempuan 18 tahun itu hanya bisa pasrah saat digelandang petugas ke  Mapolsek Pakis. Selain meringkus pelaku, polisi juga mengamankan satu unit sepeda motor lengkap dengan STNK kendaraan yang digelapkan Ria.

”Kasusnya masih dalam tahap penyidikan. Terhadap tersangka, sudah kami lakukan penahanan dan kami sangkakan dengan pasal 372 KUHP tentang tindak pidana penggelapan,” ucap Sutiyo.