Tingkatkan SDM 5 Tahun ke Depan, Kementerian PUPR Fokus Bangun Rusunawa Mahasiswa dan Ponpes

MALANGTIMES - Visi Presiden Jokowi tahun 2019-2024 adalah meningkatkan kualitas SDM (sumber daya manusia). Jokowi juga telah berjanji akan memberikan prioritas pada pembangunan SDM di periode kedua pemerintahannya.

Hal ini dilakukan agar bonus demografi yang terjadi di Indonesia menjadi tidak sia-sia. Pasalnya, Indonesia sudah memasuki tahun-tahun penting untuk menjadi negara maju, yakni 2020-2024.

Untuk melakukan itu, Jokowi pun menaruh perhatian kepada mahasiswa. Salah satunya, pada tahun 2018 Jokowi mengeluarkan perpres tentang bantuan rusunawa untuk mahasiswa dan pesantren.

Hal ini dinyatakan oleh Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Dr Ir H Khalawi Abdul Hamid MSC MM saat meresmikan rusunawa baru Universitas Brawijaya (UB), Jumat (6/9/2019).

"Karena untuk meningkatkan kualitas SDM, generasi ke depan musti kita jaga. Terutama dari tempat tinggalnya supaya belajarnya lebih nyaman, produktivitas, dan tentunya hasilnya lebih bagus," jelasnya.

Kepada awak media, Khalawi menjelaskan, sudah sejak tahun 2010 Kementerian PUPR juga berkontribusi meningkatkan kualitas generasi ke depan. Perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, sama-sama diberi bantuan rusunawa.

"Tergantung urgensi dari masing-masing perguruan tinggi. Yang penting ada tanahnya dan kebutuhannya memang mendesak," ucapnya. Dia kemudian mencontohkan UB yang menerima sejumlah 16 ribu lebih mahasiswa tahun ajaran baru ini.

Khalawi mengungkapkan, banyaknya perguruan tinggi yang mengajukan pembangunan berjumlah hingga ribuan. Tentunya pemilihannya melalui seleksi. "Tetap kami ada persyaratan teknis dan nonteknis. Kami juga lihat kepentingannya," pungkasnya.

 

Top