Sekretaris Daerah Kota Malang, Wasto (Arifina Cahyanti Firdausi/ MalangTIMES)
Sekretaris Daerah Kota Malang, Wasto (Arifina Cahyanti Firdausi/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kisah salah seorang siswa SMK di Kota Malang tak punya tempat tinggal ditinggal kedua orang tuanya viral di platform media sosial twitter.

Belum lama ini pemilik akun @vionitnot yang juga menjabat sebagai salah satu guru SMK yang dinaungi anak tersebut membagikan kisah sang anak hingga akhirnya tidak memiliki tempat tinggal dalam sebuah utas (thread) panjang.

Ia menuliskan, jika sang anak yang disebutnya B ini ditinggal pergi (minggat) oleh kedua orangtuanya ke Lamongan. Dan rumah kontrakan di wilayah Blimbing yang ditempati sang anak telah jatuh tempo pada Agustus 2019 lalu.

"Orangtuanya udah gak balik Malang karena terlilit hutang piutang, kebetulan ayahnya ini seorang distributor dan bangkrut. Ibunya ikut minggat. Sementara anaknya cuma satu si B ini, ditinggal di rumah kontrakan daerah Blimbing. Taunta Agustus 2019 rumah kontrakan udah jatuh tempo," salah satu cuitannya.

Pihak sekolah mengambil kebijakan sementara untuk menampung siswa tersebut di salah satu lokasi sekolah, hanya saja hal itu tidak bisa digunakan untuk waktu yang lama. Lewat postingannya itu, @vionitnot mengharapkan ada uluran bantuan yang bisa menampung muridnya itu.

Sejauh ini, pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Malang saat dikonfirmasi masih belum mengetahui seluk beluk perkara tersebut. "Belum tahu, tapi mungkin Dinas Pendidikan sudah (mengetahui)," ujar Sekretaris Daerah Kota Malang, Wasto saat ditemui di Balaikota Malang, Kamis (5/9).

Terkait penanganan siswa SMK tersebut, pihaknya masih akan menyelidiki lebih lanjut untuk pengambilan tindakan yang akan dilakukan. "Kita akan lihat dari permasalahannya dulu, dia warga Malang atau bukan. Semacam apa problemnya, dan lain-lain harus diketahui secara detail dan pasti," pungkas dia.

Sementara itu, sekolah yang dinaungi sang anak berada di SMK Widyagama Kota Malang di Jl Borobudur No12, Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.