Kapolres Malang Kota AKBP Dony Alexander SIK MH (kiri) dan Kabag Ops Polres Malang Kota Kompol Sutantyo. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kapolres Malang Kota AKBP Dony Alexander SIK MH (kiri) dan Kabag Ops Polres Malang Kota Kompol Sutantyo. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Belum genap satu bulan menjabat kapolres Malang Kota, AKBP Dony Alexander SIK MH langsung tancap gas membuat suatu inovasi atau gerakan. Terbaru, Polres Malang Kota  bakal memiliki sebuah aplikasi yang mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan Polres Malang Kota.

Inovasi mempermudah layanan tersebut yakni membuat sebuah sistem tracking guna mengetahui perkembangan kasus yang telah dilaporkan oleh masyarakat. 

"Tapi itu masih dalam tahapan perencanaan. Masih kami bahas bersama tim jajaran serta tim IT (teknologi informasi). Nantinya akan ada tracking kasus secara online, sehingga masyarakat di situ bisa melihat perkembangan kasus yang mereka laporkan," ungkapnya (3/9/2019).

Namun, dalam sistem tersebut, nantinya tidak bisa sembarang orang bisa mengakses perkembangan kasus yang dilaporkan tersebut. Mereka yang bisa mengakses adalah mereka yang bersangkutan langsung dengan laporan.

"Pengecekannya bisa dilakukan secara online, bisa dilakukan di rumah atau di mana pun, dengan password yang didapat dari pihak kepolisian. Password sebelumnya telah dikirimkan melalui nomor HP  yang terintegrasikan dengan laporan atau sistem pihak kepolisian," jelasnya.

AKBP Dony menambahkan, bilamana nantinya terdapat kuasa hukum dari pihak pelapor, tentunya akan diminta untuk berkoordinasi dengan pihak penyidik agar bisa dimasukkan dalam sistem untuk bisa juga mengakses laporan tersebut.

"Tapi untuk mekanisme pengiriman password masih kami diskusikan lagi dengan IT maupun satreskrim, sehingga nantinya bisa menjadi hal baku dan bisa kami share ke masyarakat serta menjadi program unggulan Polri," pungkasnya.