Pengumuman layanan pengurusan e-KTP dan KIA di Balai Kota Malang pada akhir pekan ini. (Istimewa).
Pengumuman layanan pengurusan e-KTP dan KIA di Balai Kota Malang pada akhir pekan ini. (Istimewa).

MALANGTIMES - Akhir pekan ini, tepatnya Jumat dan Sabtu (6-7 September 2019) masyarakat bisa langsung mengurus kartu identitas anak (KIA) dan e-KTP di Balai Kota Malang. Untuk yang malas mengurus KIA ataupun e-KTP, tampaknya kesempatan ini jangan sampai dilewatkan ya.

Melalui surat pemberitahuan resminya, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang  Eny Hari Sutiarny menyampaikan bahwa layanan tersebut sengaja dibuat untuk mempermudah layanan kepada masyarakat. Selain itu, hal tersebut menindaklanjuti surat sekretaris daerah Kota Malang perihal rapat koordinasi persiapan pelaksanaan roadshow Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi di Kota Malang. "Dan layanan akan kami buka selama dua hari sejak pukul 07.30 WIB," katanya.

Memanfaatkan agenda roadshow yang akan menghadirkan Bus Anti-Korupsi KPK yang juga digelar di halaman Balai Kota Malang itu, Dispendukcapil turut hadir untuk meramaikan. Sehingga, masyarakat yang belum memiliki KIA ataupun e-KTP dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dengan membawa beberapa berkas yang telah ditetapkan. Di antaranya untuk KIA harus membawa perlengkapan seperti fotokopi akta kelahiran 1 lembar, fotokopi KK 1 lembar, dan menghadirkan anak tersebut atau membawa pas foto berwarna ukuran 3 x 4 (untuk anak usia 5 tahun ke atas) sebanyak 2 lembar.  Sedangkan yang hendak mengurus e-KTP dapat membawa fotocopy KK sebanyak satu lembar.

 Sekretaris Dispendukcapil Kota Malang Slamet Utomo menambahkan, jumlah kepengurusan KIA maupun e-KTP dalam kesempatan tersebut tak dibatasi. Artinya, sebanyak apa pun masyarakat yang datang, pasti akan mendapat pelayanan. Sebab, saat-saat keramaian seperti itu, tak jarang masyarakat mengurus identitas diri selalu membludak. "Tak terbatas dan masyarakat bisa datang mengurus dan kami melayani," ujarnya.