Konsep desain bangunan Islamic Center Kota Malang. (Foto: twitter @dpupr_kota_mlg)
Konsep desain bangunan Islamic Center Kota Malang. (Foto: twitter @dpupr_kota_mlg)

MALANGTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang saat ini tengah mempersiapkan pembangunan tiga proyek besar pada tahun 2020 mendatang. Ketiga proyek tersebut yakni Malang Creative Center (MCC), Islamic Center (IC), dan jembatan Kedungkandang. 

Dari ketiga proyek besar tersebut, salah satu yang menjadi sorotan yaitu akan dibangunnya Islamic Center di kawasan Kedungkandang. Rencananya, bangunan ini akan memakan dana lebih dari Rp 400 miliar di lahan seluas 5,6 hektare.

Baca Juga : Sederet Megaproyek Pemkot Malang Ditunda, Termasuk Pembangunan Mini Block Office

Nah, konsep dari bangunan tersebut dipamerkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang. Melalui akun twitter @dpupr_kota_mlg, beberapa desain bangunan IC dengan beragam fasilitasnya itu disambut positif oleh warganet.
 


"Tiga proyek besar diprogramkan 2020 : Malang Creative Center, Islamic Center dan Jembatan Kedungkandang, semoga semua lancar, tidak gagal Ielang dan tidak ada halangan yang menghadang, mohon doa dan dukungannya, biar tidak penasaran nih bocoran desain Islamic Centernya @infomalang," tulis akun @dpupr_kota_mlg.

Banyak warganet Kota Malang yang menyambut baik akan hadirnya IC. Seperti yang diungkapkan @fanypuspitar di kolom balasan, yang mengomentaripembangunan IC "Creative," tulisnya.

Kemudian akun @briand_fergie juga turut menanggapi bahwa paparan konsep desain IC sangat keren. Ia juga mengharapkan dengan dibangunnya IC tersebut, fasilitas Kota Malang lainnya akan lebih baik.



"Subhanallah mantap sekali. Semoga dengan dibangunnya Islamic Center bisa semakin banyak orang yang berdoa agar jalanan Kota Malang gak bolong-bolong dan selokan kalau hujan gak mampet," ungkapnya.

Menanggapi itu, @dpupr_kota_mlg juga menyampaikan kepada masyarakat Kota Malang untuk tidak khawatir dengan penbangunan atau perbaikan jalan lainnya. "Jalan, jembatan, draianse, trotoar dan gedung tetap dibangun, jangan khawatir, kita semua ingin Kota Malang semakin maju dan tidak ketinggalan dari daerah lain," tulisnya.



Dalam desain tersebut, juga ditampilkan lengkap fasilitas apa saja yang akan berada dalam IC. Mulai dari hall asrama haji, plaza dan hutan kota, kemudian masjid dan masih banyak lainnya.

Disampaikan juga dalam thread tersebut, adanya konsep hutan kota dalam IC sengaja dilakukan untuk menambah kawasan ruang terbuka hijau (RTH) semakin meluas. "Sekitar Islamic Center juga dirancang sebagai ruang terbuka hijau agar ruang terbuka hijau di Kota Malang sermakin luas," kata DPUPR.

Kemudian "Islamic Center juga akan berfungsi sebagai Asrama Haji Kota Malang dan tentunya aktifvitas keagamaan lainnya," tutupnya.



Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kota Malang Hadi Santoso mengatakan bahwa proyek IC memang telah menjadi program prioritas Pemkot Malang. Sehingga pembangunan tersebut sesegera mungkin akan disiapkan pelaksanaannya. "Karena itu program prioritas Pemkot Malang, maka itu kami laksanakan," ungkap dia.