Panwascam Poncokusumo melaksanakan penertiban APK (foto: Istimewa)
Panwascam Poncokusumo melaksanakan penertiban APK (foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Kabar simpang siur yang berkembang bahwa Panwascam Poncokusumo melakukan aksi vandalisme dengan melakukan penyobekan Alat Peraga Kampanye (APK) salah satu pasangan calon yaitu pasangan calon nomor urut satu, Rendra-Sanusi dibantah keras Panwascam setempat.

"Kami klarifikasi kabar yang berkembang penyobekan itu tidak benar, kami melakukan penertiban sesuai dengan aturan KPU," kata Ari Wardani, Panwascam Poncokusumo ketika dihubungi MALANGTIMES (TIMES INDONESIA NETWORK), Selasa (22/9/2015) malam.

Ia menjelaskan bahwa APK yang ditertibkan juga sesuai dengan aturan KPU, bahwa APK yang ditertibkan adalah APK diluar produksi KPU. Artinya APK seperti spanduk dan baliho yang diproduksi paslon, karena dalam aturan tidak boleh diproduksi apalagi dipasang.

"Tidak ada kabar merobek itu, kita tegaskan tidak merusak APK, dan sudah kami konsultasikan ke Panwaslu sebelumnya untuk penertiban APK diluar produksi KPU," tegasnya.

Selain itu, ia menambahkan bahwa yang ditertibkan selain APK yang diluar produksi KPU, juga ditertibkan APK yang terpasang di pohon dan sekolah. (*)