Petugas Dishub yang menertibkan parkir liar di kawasan Jalan Trunojoyo (Doc MalangTIMES)
Petugas Dishub yang menertibkan parkir liar di kawasan Jalan Trunojoyo (Doc MalangTIMES)

MALANGTIMES - Tahun 2020 mendatang, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, bakal menyiapkan Program Legislasi Daerah (Prolegda) khusus mengenai aturan parkir. Hal ini karena memang permasalahan parkir di Kota Malang masih menjadi perhatian dan sorotan masyarakat.

Baca Juga : Musim Melaut, Para Nelayan yang Berlabuh di Kabupaten Malang Bakal Disemprot Antiseptik

Sebab, di beberapa titik masih saja ada pelanggaran parkir liar ataupun mereka yang sengaja mengacuhkan rambu-rambu larangan parkir, dengan tetap memarkirkan kendaraan di lokasi larangan.

Kepala Dishub Kota Malang, Handi Priyanto menjelaskan, mengenai pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat, saat ini, pihaknya masih sebatas terus memberikan imbauan maupun penertiban kepada masyarakat.

Sementata, untuk masalah sanksi pelanggar, merupakan tanggung jawab dan wewenang pihak kepolisian.

“Kalau sanksi, berupa tilang dan lainnya, merupakan ranah dari Satlantas. Kami tidak berhak memberikan sanksi,” papar Handi Priyanto.

Mengenai Prolegda, memang pada 2020 telah disiapkan draft mengenai permasalahan parkir. Sehingga di sana akan ada aturan khusus atau Peraturan Daerah (Perda). Di dalamnya, diatur mengenai penyelenggaraan perhubungan, seperti parkir, rekayasa lalu lintas, uji kir dan beberapa hal lain.

"Kalau sudah selesai, baru kami bisa melakukan tindakan,” ungkapnya.

Namun meskipun begitu, pihak Dishub Kota Malang, setiap harinya selalu berupaya untuk melakukam penertiban dan pengawasan lokasi-lokasi rawan terjadi pelanggaran parkir. Misalnya, seperti di kawasan Jalan Trunojoyo, Kota Malang, dimana banyak aduan masyarakat mengenai permasalahan parkir.

Baca Juga : Draft Sudah Final, Besok Pemkot Malang Ajukan PSBB

"Tentunya agar tidak membuat kemacetan dan arus lalu lintas menjadi lancar, kami lakukan pentertiban," pungkasnya.