Ketua Sementara DPRD Kota Batu, Cahyo Edi Purnomo. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Ketua Sementara DPRD Kota Batu, Cahyo Edi Purnomo. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Hingga bulan Agustus anggota DPRD Kota Batu periode 2014-2019 hanya merampungkan 5 peraturan daerah (perda). Dengan demikian pekerjaan rumah 30 anggota dewan baru harus merampungkan 18 rancangan peraturan daerah (raperda).

Baca Juga : Target Agustus, Mal Pelayanan Publik Kota Malang Dimungkinkan Molor

“Bagi anggota baru dilantik Jumat (30/8/2019) sudah ada tanggungan DPRD Kota Batu yang lama sebanyak 18 raperda yang belum rampung,” kata Cahyo Edi Purnomo, Ketua Sementara DPRD Kota Batu periode 2019-2024.

Dari 18 raperda yang belum selesai itu, dua raperda tengah dalam proses pengerjaan. “Kami mengingatkan bagi anggota baru agar bisa bersinergi secara intens,” imbuhnya.

Dengan bersinergi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar terlaksana dengan tepat waktu. “Karena tanpa adanya sinergitas maka rencana apapun tidak bisa terlaksana,” jelas politisi PDIP ini.

Selain itu agar anggota baru memperhatikan kepentingan rakyat sehingga memiliki singkronisasi antar lini. Sebagai ketua sementara waktu, Cahyo bakal segera memimpin rapat. Untuk memfasilitasi pembentukan fraksi, dan memproses penetapan pimpinan definitif DPRD Kota Batu. 

Baca Juga : Bansos untuk Warga Terdampak Covid-19 Mulai Disalurkan, Pemkot Malang Buat Skema Baru

“Lalu pembentukan alat kelengkapan dewan beserta perangkatnya. Mulai dari pemilihan tiga ketua komisi, badan legislatif, badan musyawarah, badan kehormatan, dan badan anggaran,” tambahnya.

“Targetnya pada bulan Oktober mendatang pembentukan fraksi, Komisi A,B, dan C dan sebagainya segera terselesaikan,” tutup Cahyo.