MALANGTIMES - Sebelumnya nama anggota DPRD Kota Batu periode 2019-2024  Asmadi mencuat untuk menjadi ketua dewan sementara. Sayangnya, ternyata Cahyo Edi Purnomo yang menjadi ketua sementara yang diputuskan dalam Rapat Paripurna pengucapan sumpah atau janji di Gedung DPRD Kota Batu, di gedung DPRD Kota Batu, Jumat (30/8/2019).

Lalu apa yang membuat DPC PDIP Kota Batu mengubahnya? Ketua DPC PDIP Kota Batu Punjul Santoso mengatakan, memang ada tiga nama yang menjadi pilihan. Yakni Cahyo Edi Purnomo, Asmadi, dan Sampurno. “Tetapi setelah dilakukan rapat bersama. Akhirnya kami memutuskan Cahyo yang menjadi ketua sementara,” ungkap Punjul. 

Dipilihanya Cahyo itu lanjut Punjul, agar kelangsungan di pemerintah ada kelanjutan yang baik. Kemudian tugas Cahyo selanjutnya pembentukan alat kelengkapan dewan beserta perangkatnya.

Dimulai dari pemilihan tiga ketua komisi, badan legislatif, badan musyawarah, badan kehormatan, dan badan anggaran. “Barulah kemudian untuk Ketua definitif partai peraih suara terbanyak akan menunjuk Ketua DPRD definitif,” imbuhnya.

“Itungannya menambah lagi 1 bulan. Kita lihat nanti bagaimana kepiawaian membawa pimpinan utnuk membuat tata tertib dan sebagainya,” jelas pria yang juga Wakil Wali Kota Batu ini. 

Sementara itu ketua sementara DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo menambahkan, tentunya akan menjalankan tugas yang ada dengan baik. “Namanya diberi amanah, tentu harus dijalankan dengan tanggungjawab,” ucap Cahyo.

Sedangkan untuk wakil ketua DPRD Kota Batu sementara akan dijabat oleh Nurochman dari PKB.