Taman yang mempercantik Tugu Pramuka di Desa Lebakharjo, Ampelgading. (Unikama for MalangTIMES)
Taman yang mempercantik Tugu Pramuka di Desa Lebakharjo, Ampelgading. (Unikama for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama), tampaknya, memang benar-benar membawa dampak positif bagi masyarakat maupun desa yang mereka jadikan lokasi KKN.

Itu terbukti dalambKKN Unikama di Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang.  Di desa yang dijuluki sebagai Desa Pramuka Dunia itu, keberadaan KKN Unikama mempercepat terbitnya surat keputusan (SK) desa wisata dari dinas terkait.

"Kami terus berjuang keras dari tahun ke tahun untuk satu kepastian, memperoleh SK desa wisata. Sampai pada 2019 ini, kami bekerja sama dengan adik-adik KKN Unikama  untuk mewujudkan percepatan ini dengan membuat daerah tujuan wisata ini, menjadi wisata yang sebenarnya. Sehingga hal itu membuat dinas terkait menilai Desa Lebakharjo layak jadi desa wisata yang berbasis pramuka," ungkap Wiyadi, yang saat ini dalam proses pergantian sebagai kades ini.

Baca Juga : Belajar dari Rumah Lewat TVRI Mulai Hari Ini, Intip Jadwalnya Yuk!

Karena itu, Wiyadi  sangat mengapresiasi partisipasi dan peran serta KKN Unikama dalam mewujudkan Lebakharjo menjadi desa wisata berbasis pramuka. Saat ini SK desa wisata telah terbit dari dinas terkait dan telah sampai di Desa Lebakharjo.

Sementara itu, Koordinator Desa (Kordes) KKN Unikama di Lebakharjo, Pandi Wijaya,  menjelaskan bahwa KKN Unikama memang berperan serta dalam terbitnya SK wisata Lebakharjo. Bentuk dukungan KKN Unikama yakni dengan membantu mempercantik taman Tugu Pramuka.

Di tugu yang baru diresmikan Karang Pamitran Nasional (KPN), sebelumnya taman yang ada belum memadai dan belum tercermin keindahan. Karena itu, oleh mahasiswa KKN Unikama, taman tersebut dipercantik dengan penambahan tamanan-tanaman maupun spot-spot foto yang bisa digunakan masyarakat untuk berfoto.

"Jadi, kami mendukung dengan membuat taman pramuka di Tugu Pramuka. Tugu itu baru diresmikan KPN. Tugunya sudah dibuat. Kami hanya membuat taman maupun lampu taman. Kemudian untuk wisatanya, kami juga membuat rumah pohon, spot foto maupun gazebo yang bisa dimanfaatkan pengunjung," pungkas Pandi.