Wali Kota Malang Optimis Inovasi Mampu Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Aug 29, 2019 16:44
Wali Kota Malang Sutiaji didampingi Ketua TP PKK Kota Malang Widayati Sutiaji saat meninjau stand para inovator pemenang lomba Inotek Barenlitbang Kota Malang yang dipamerkan di hotel Savana, Kamis (28/8/2019) (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji didampingi Ketua TP PKK Kota Malang Widayati Sutiaji saat meninjau stand para inovator pemenang lomba Inotek Barenlitbang Kota Malang yang dipamerkan di hotel Savana, Kamis (28/8/2019) (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Wali Kota Malang Sutiaji optimis, sederet inovasi yang diciptakan dan dikembangkan mampu meningkatkan perekonomian. 

Baca Juga : Pertama Kalinya di Malang Ada Studio Apartemen Luas Harga Termurah Hanya di Kalindra

Karena melalui inovasi yang dibuat, ekonomi kreatif secara langsung maupun tidak langsung turut mengalami pertumbuhan.

Hal itu ia sampaikan usai menghadiri Penganugerahan dan Pameran Inovasi Teknologi (inotek) Kota Malang tahun 2019 yang digelar di Hotel Savana, Kamis (29/8/2019). 

Melalui sederet produk inovasi yang dihasilkan, saat ini menurutnya sudah banyak karya yang berkembang dan bernilai ekonomis.

"Seperti tadi yang saya lihat, ada yang memanfaatkan limbah jelantah juga limbah plastik untuk kompos, kan itu sangat berguna dan bisa menggeliatkan perekonomian," jelasnya.

Sederet inovasi yang dihasilkan dan memberi manfaat luar biasa bagi masyarakat menurutnya akan terus didorong untuk bisa diproduksi dalam skala industri. 

Selain itu, Pemerintah Kota Malang juga berupaya membantu mematenkan setiap produk yang dihasilkan untuk kemudian terus dikembangkan.

"Setiap inovasi yang dihasilkan memang masih perlu untuk dikembangkan. Kami terus pantau itu dan salah satunya mendorong untuk ikut serta dalam kompetisi yang lebih tinggi seperti tingkat provinsi, nasional, hingga internasional," jelasnya.

Lebih jauh dia menyampaikan, pembinaan kepada para inovator dan masyarakat agar terus berinovasi akan terus dilakukan. 

Salah satunya melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diberikan pemerintah pusat sebagai penghargaan yang sudah dilakukan setiap daerah. 

Baca Juga : Tips Aman Ambil Uang di Mesin ATM Saat Pandemi Covid-19

Anggaran yang didapatkan itu tak sedikit yang digelontorkan untuk mengembangkan inovasi dan ekonomi kreatif di kota pendidikan ini.

"Anggaran DAK yang diberikan pusat sebagai hadiah dari inovasi yang dibuat memang sepenuhnya jadi kewenangan pemerintah daerah. Tapi akan lebih bijak lagi kalau dana tersebut digunakan untuk mengembangkan inovasi," jelasnya.

Sebelumnya, Sutiaji mengapresiasi Barenlitbang Kota Malang yang selalu berhasil menggelar lomba Inotek.

Terlebih, dari tahun ke tahun jumlah peserta yang ikut serta terus bertambah. 

Jenis inovasinya pun semakin menunjukkan kualitasnya dan menambah deretan baru inovasi yang dikembangkan di Kota Malang. 

Sehingga, dia mendorong agar inovasi yang diciptakan lebih mengacu pada manfaat, bukan sekedar hasil penelitian saja.

"Kota Malang ini kan kota pendidikan. Saya sampaikan masyarakat itu laboratorium perguruan tinggi," katanya.

 

Topik
MalangBerita MalangWali Kota Malang SutiajiPameran Inovasi Teknologi Kota Malang tahun 2019Dana Alokasi KhususWali Kota Malang Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Berita Lainnya

Berita

Terbaru