Anggota dewan terpilih dari PDI-Perjuangan Darmadi mengajak masyarakat untuk juga proaktif bersama DPRD dalam membangun Kabupaten Malang (Nana)
Anggota dewan terpilih dari PDI-Perjuangan Darmadi mengajak masyarakat untuk juga proaktif bersama DPRD dalam membangun Kabupaten Malang (Nana)

MALANGTIMES - Pelantikan 50 anggota DPRD Kabupaten Malang periode 2019-2024, akan dilaksanakan besok, Jumat (30/08/2019) siang di ruang sidang gedung rakyat di Jalan Panji, Kepanjen.

Harapan baru dan tentunya lebih besar pun dari masyarakat berlahiran kepada para anggota DPRD Kabupaten Malang tersebut. Walaupun, mayoritas anggota dewan lima tahun ke depan masih didominasi wajah-wajah lama. 

Tak terkecuali dari berbagai tokoh masyarakat, yang berharap kinerja DPRD baru akan lebih proaktif memperjuangkan kepentingan masyarakat luas. Sekaligus melahirkan berbagai regulasi yang mampu mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat Kabupaten Malang.

Baik di bidang pengentasan kemiskinan, pariwisata maupun lingkungan hidup sebagai bagian dukungan nyata jangka panjang atas keberlangsungan generasi berikutnya.
Noor Shodiq Askandar, Ketua PW LP Ma'arif NU Jatim menyampaikan kesannya selama ini anggota DPRD Kabupaten Malang masih di rel yang biasa-biasa saja. 

"Artinya, ya mereka bekerja secara standar sesuai tupoksinya saja. Sehingga kesan saya belum banyak karya monumental yang diinisiasi oleh DPRD Kabupaten Malang," ucapnya.

Noor Shodiq misalnya mencontohkan, minimnya terobosan di ranah peraturan daerah yang diinisiasi oleh DPRD Kabupaten Malang. Dengan melihat potensi, geliat nyata di lapangan serta antusias tinggi masyarakat atas sektor pariwisata. Dimana, dirinya belum melihat ada terobosan baru, misalnya dengan merancang aturan terkait Perumda pariwisata.

"Pariwisata Kabupaten Malang begitu kaya, tapi tidak ada terobosan untuk memaksimalkan dan memfokuskannya pada bentuk regulasi daerah. Dimana DPRD juga memiliki hak mengusulkan perda seperti eksekutif," ujarnya yang juga menitipkan agar ke depan pembangunan di Kabupaten Malang akan semakin berdaya guna dan maksimal dirasakan manfaatnya oleh seluas-luasnya masyarakat.

Harapan lain terkait pengawasan DPRD pun atas berbagai kebijakan dan program Pemkab Malang pun berlahiran dari masyarakat. 

Munawar warga Kepanjen berharap pada anggota DPRD baru untuk lebih ketat mengawasi berbagai kebijakan dan program Pemkab Malang yang berkaitan langsung dengan masyarakat.

"Kita masyarakat kecil tentunya berharap bahwa bapak-bapak dewan yang baru akan lebih baik lagi untuk kita. Terus minta tetap untuk mengawal kegiatan pemerintah juga, biar tepat sasaran. Kalau tidak ya disemprit keras gitu, jangan tunggu demo dulu baru bergerak," ungkap nya, Kamis (29/08/2019) kepada MalangTIMES.

Harapan-harapan tersebut pun tidak bertepuk sebelah tangan. Beberapa anggota dewan terpilih pun siap untuk bekerja lebih baik dan proaktif lagi untuk lima tahun ke depan. Bahkan, mereka pun tak canggung meminta saran dan kritik dari masyarakat atas kinerja DPRD nantinya.

Hal ini disampaikan oleh Darmadi anggota dewan terpilih dari PDI-Perjuangan yang menegaskan, pihaknya membuka ruang selebarnya untuk berbagai aspirasi dan kritik membangun dari masyarakat.

"Bahkan saya mendorong agar masyarakat pro aktif untuk itu. Mengawal berbagai pembangunan bersama kami. Serta jangan pandang kami berbeda dan akhirnya tercipta jarak. Kami adalah bagian dari instrumen masyarakat itu sendiri," ujar Darmadi.

Politikus PDI-Perjuangan ini pun menerima berbagai kritik atas kinerja dewan di periode lima tahun ke belakang. Tapi, lanjutnya, seluruh anggota dewan pada umumnya berprinsip kerja untuk masyarakat Kabupaten Malang.

"Tentu ada berbagai hal kekurangannya, karena itu di lima tahun ke depan, mari kita bersama-sama memperbaikinya. Kami dari PDI-Perjuangan sendiri akan menjadikan kritik sebagai ruang instropeksi dan evaluasi untuk kebaikan dan kemajuan bersama," urai Darmadi.

Senada, Tutik Sunarni anggota dewan dari partai berlogo banteng moncong putih ini juga mengatakan, bahwa memang masih ada berbagai hal yang belum maksimal di tahun-tahun lalu.
"Tapi, saya menilai yang kemarin cukup baik. Ada memang yang harus ditingkatkan. Tapi saya pikir semua anggota dewan akan memberikan yang terbaik ke depan nya," ucapnya.