Kerja Nyata DLH Kota Malang, Bersihkan Lokasi Makam yang Sempat Digunakan Buang Sampah Sembarangan

Aug 29, 2019 12:02
Kabid Kebersihan DLH Kota, Joao Maria Gomes Je Carvalho saat berkoordinasi dengan anggotanya (foto dok MalangTIMES)
Kabid Kebersihan DLH Kota, Joao Maria Gomes Je Carvalho saat berkoordinasi dengan anggotanya (foto dok MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kerja tuntas diperlihatkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang bidang kebersihan dengan melakukan pembersihan di tempat pemakaman umum di wilayah Mergan yang sempat dijadikan masyarakat untuk membuang sampah.

Pelan namun pasti, DLH Kota Malang bidang kebersihan mengatasi permasalahan sampah yang sering dikeluhkan beberapa warga masyarakat 'Bhumi Arema' ini.

Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan DLH Kota Malang, Joao Maria Gomes Je Carvalho atau yang akrab disapa Joe mengatakan bahwa baru-baru ini pihaknya sudah melakukan pembersihan di wilayah TPU Mergan di Jalan Mergan Baru, Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun.

Hal tersebut dilakukan karena ada laporan dari masyarakat terkait banyak oknum masyarakat yang membuang sampah di area makam sehingga membuat kesan kumuh.

"Beberapa Rukun Warga (RW) di Kelurahan Tanjungrejo itu membuang sampah di dekat makam. Kesulitannya kami memang tidak bisa masuk kesitu karena jalannya sempit, bisanya ya cuma sepeda motor yang ada gerobaknya itu," ujar Joe kepada MalangTIMES ketika dijumpai di ruangannya.

Lanjut Joe, pihaknya sudah pernah mengingatkan agar kebiasaan buruk membuang sampah di lahan kosong dihilangkan, namun belum diperhatikan oleh oknum masyarakat yang sering membuang sampah sembarangan tersebut.

"Kami sudah pernah peringatkan waktu itu 2018 agar masyarakat tidak membuang sampah di situ, langsung ke kelurahannya dan RW nya," ungkap nya.

Kini, sampah yang sempat membuat resah tersebut sudah dibersihkan oleh DLH Kota Malang dengan negosiasi bersama masyarakat melalui Kelurahan Tanjungrejo dan RW yang terdampak.

"Dengan pertemuan yang kami lakukan sekarang masyarakat bisa pilih, membuang sampah di TPS Jalan IR. Rais atau TPS di daerah Manyar," katanya.

"Lalu juga ada gubuk di situ, dan anggota sudah saya perintahkan untuk membersihkan pagi sore terus, sekarang sudah bersih. Saya harap ini menjadi pelajaran dan tidak diulangi lagi oleh masyarakat dengan membuang sampah sembarangan," imbuhnya mengakhiri. 
 

Topik
MalangBerita MalangDinas Lingkungan Hidup Kota Malangpemakaman umum wilayah MerganKepala Bidang Kebersihan DLH Kota Malang Joao Maria Gomes Je Carvalho
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru