(urutan kedua dari kiri) Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra Zubaidah MM. (Foto: Humas)
(urutan kedua dari kiri) Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra Zubaidah MM. (Foto: Humas)

MALANGTIMES - Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra Zubaidah MM mengimbau jajaran pendidik se-gugus 7 Blimbing untuk memanfaatkan TIK dalam pembelajaran.

Imbauan tersebut disampaikan Zubaidah dalam Workshop Peningkatan Kompetensi Guru yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) bekerjasama dengan Kelompok Kerja Kepala Sekolah Gugus 7 Blimbing belum lama ini di SDN Polowijen 2 Malang.

Baca Juga : Belajar dari Rumah Lewat TVRI Mulai Hari Ini, Intip Jadwalnya Yuk!

Zubaidah menyampaikan, saat ini bukan zamannya lagi guru datang, masuk kelas, duduk, kemudian menyuruh siswa untuk menyalin materi pembelajaran.

Guru saat ini harus kreatif dan inovatif, salah satunya dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang saat ini sangat mudah diperoleh. Guru sebagai satu-satunya sumber ilmu saat ini tidak lagi relevan.

"Seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, sumber ilmu saat ini sangatlah beragam. Jangan sampai guru kalah canggih dengan siswanya. Rajinlah mengakses informasi terkait dengan profesi bapak ibu sekalian," ujarnya kepada ratusan tenaga pendidik se Gugus 7 Blimbing yang terdiri atas guru kelas, guru matapelajaran, serta guru ekstrakurikuler.

Lebih lanjut Zubaidah mencontohkan, selain melalui perambah Google, salah satu sumber pembelajaran saat ini dapat diperoleh melalui aplikasi “Rumah Belajar” yang dikembangkan oleh Pusat Teknologi dan Komunikasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekom Kemdikbud).

Rumah Belajar digunakan sebagai media untuk saling berbagi dan mengakses materi pendidikan kapan saja dan di mana saja.

Baca Juga : Siswa yang Tak Punya Akses Internet Mulai Senin Belajar Lewat TVRI

Rumah Belajar dapat diakses melalui laman https://belajar.kemdikbud.go.id juga melalui perangkat Android dengan mengunduh aplikasi Rumah Belajar dari Playstore.

Fitur-fitur yang ada dalam Rumah Belajar di antaranya, fitur Kelas Maya atau kelas digital, fitur buku sekolah elektronik, fitur sumber belajar dengan audio, video, dan animasi, fitur bank soal, fitur laboratorium maya, fitur wahana jelajah angkasa, fitur peta budaya, serta fitur PKB Guru.