MALANGTIMES - Potensi wisata di wilayah Kabupaten Malang begitu banyak. Salah satunya wisata di Desa Sidorenggo. Potensi wisata di desa tersebut saat ini semakin memukau masyarakat khususnya wisatawan.

Mayoritas penduduk di Desa Sidorenggo ini berprofesi sebagai petani kebun. Seperti perkebunan salak, tebu, kopi, singkong. Selain itu, ada juga yang berprofesi sebagai penambang pasir serta penambang batu.

Di sisi lain, Desa Sidorenggo memiliki beberapa wisata yang patut untuk dikunjungi wisatawan. Seperti air terjun Coban Ciblungan, Coban Sewu, Coban Gintung dan Telaga Warna.

Pada awalnya, potensi wisata yang dimiliki seperti Coban Ciblungan sama sekali belum memiliki aura atau daya tarik yang dapat memikat pengunjung. Bahkan wisatawan atau pengunjung sangat jarang mendatangi termpat tersebut.

Mengetahui hal itu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) berupaya berpartisipasi meningkatkan potensi wisata di Coban Ciblungan. Di situ, mahasiswa KKN Unikama di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Trija Fayeldi, M.Si menelusuri lebih jauh potensi-potensi yang ada di lokasi tersebut.

Di sana para mahasiswa KKN Unikama mengadakan berbagai kegiatan program kerja (Proker) yang mendukung kemajuan wisata di Coban Ciblungan. Kegiatan yang digelar, salah satunya adalah perbaikan-perbaikan beberapa fasilitas di lokasi tersebut.

Fasilitas yang diperbaiki seperti jalan dimana dulunya akses menuju Coban Ciblungan susah dan banyak yang rusak. Saat ini tengah dilakukan upaya pembenahan. Selain itu, fasilitas pendukung lain yang belum tersedia adalah spot foto yang bisa menunjang keindahan Coban Ciblungan. Adanya spot foto, dirasa sangat diperlukan sebagai magnet bagi wisatawan.

“Sebelumnya Coban Ciblungan ini masih memiliki banyak kekurangan. Salah satunya kurang fasilitas spot foto, kebersihan dan pengelolaan. Coban ini kurang dikunjungi wisatawan. Kami berharap, dengan adanya mahasiswa KKN UNIKAMA 2019 dapat membantu masyarakat mengembangkan dan memberikan inovasi terbaru untuk menjunjung keindahan alam yang ada,” ujar Andi, pengelola Coban Ciblungan.

Dengan upaya memajukan wisata di Desa Sidorenggo, oleh KKN Unikama, diharapkan bisa membuat Sidorenggo semakin dikenal masyarakat luas. Tak hanya lokal bahkan bisa Internasional. 

"Makanya dengan potensi wisata alam yang dimiliki, diharapkan masyarakat sekitar bisa merawat dan melakukan pengelolaan dengan baik," harap Shelvy, salah satu mahasiswa KKN.