Tampilan Kendaraan Hias Dinas Kesehatan Kota Malang dalam Festival Kendaraan Hias 2019 (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Tampilan Kendaraan Hias Dinas Kesehatan Kota Malang dalam Festival Kendaraan Hias 2019 (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Momen hadirnya Festival Kendaraan Hias 2019, dimanfaatkan maksimal Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dalam memberikan informasi kesehatan kepada masyarakat. 

Baca Juga : Didi Kempot Gelar Konser Amal dari Rumah, Hanya 3 Jam Donasi Capai Rp 5,3 Milliar

Dalam acara yang digelar sejak pagi ini (Minggu, 25/8) Dinkes Kota Malang menghadirkan kendaraan hias bertema GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). 

Di mana, segala bentuk perilaku hidup sehat (PHBS) ditampilkan sebagai pelengkap ornamen.

Seperti Isi Piringku, kemudian ornamen seorang yang tengah melakukan aktivitas fisik seperti bersepeda hingga pencegahan stunting juga menjadi perhatian dan ditampilkan sebagai pelengkap ornamen tersebut.

"Di Kendaraan Hias tahun ini kita tampilkan mulai dari melakukan aktifitas fisik, konsumsi sayur buah dan gizi seimbang melalui Isi Piringku, lalu ada pemeriksaan kesehatan secara rutin melalui GERMAS. Terus juga kita perannya untuk mencegah stunting ya, jadi Kota Malang ini kan diharapkan tidak ada stunting," ujar Staf Penyuluh Kesehatan Masyarakat di Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Kota Malang, Enis Retnowati.

Dalam kendaraan hias tersebut, juga banyak beragam informasi yang dilihat oleh masyarakat. 

Seperti informasi mengenai Germas, lalu Cegah Stunting Itu Penting, dan Sehat Bugar Produktif Ceria.

Tak hanya itu, saat parade Dinkes Kota Malang juga membagikan leaflet mengenai Germas kepada masyarakat. 

Baca Juga : SBY Persembahkan 'Cahaya Dalam Kegelapan', Lagu Bagi Para Pejuang Covid-19

Kemudian juga menampilkan jargon-jargon kesehatan, seperti kalimat Sehat Itu Merdeka, Germas Ok, Malang Tahes, dan yang lainnya.

"Nah, seperti cegah stunting itu salah satunya kan dengan memberikan ASI eksklusif kepada anak. Kita tampilkan dengan gambar seorang ibu yang tengah menyusuhi, lalu disampingnya ada dot (botol susu) yang disilang. Karena dianjurkan setiap anak untuk tidak menggunakan susu formula di usia 0-2 tahun," imbuhnya.

Setidaknya, melalui Festival Kendaraan Hias 2019, upaya promotif preventif dalam menyebarluaskan informasi kesehatan kepada masyarakat Kota Malang bisa menjangkau semua lapisan. 

Sehingga masyarakat diharapkan mengetahaui mengenai GERMAS dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). 

"Melalui event ini istilahnya juga mengajak masyarakat ya, kadang sebagian masyarakat masih ada yang belum tahu mengenai GERMAS. Jadi dengan begini nanti digarapkan mayarakat bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, dan itu mudah dan murah. Bisa dilakukan kapan saja dan oleh siapa saja," pungkas dia.