Ketua DPRD Kota Malang periode 2014-2019, Bambang Heri Susanto (kanan) saat menyerahkan palu sidang kepada Ketua Sementara DPRD Kota Malang, I Made Rian DK (kiri) (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Ketua DPRD Kota Malang periode 2014-2019, Bambang Heri Susanto (kanan) saat menyerahkan palu sidang kepada Ketua Sementara DPRD Kota Malang, I Made Rian DK (kiri) (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Ketua DPRD Kota Malang periode 2014-2019, Bambang Heri Susanto telah purna tugas pada Sabtu (24/8/2019). Usai menuntaskan tugasnya sebagai pimpinan legislatif, politisi PDI Perjuangan itu menyampaikan jika ia memilih melakoni bisnis jualan rawon.

"Setelah ini, anggota dewan yang telah mengabdi periode sebelumnya akan menjalankan aktivitasnya masing-masing. Ada yang sebagai dosen, traveler, ada yang kontraktor juga. Saya dan beberapa rekan akan berjualan rawon," katanya saat memimpin sidang paripurna terakhir dengan agenda Pengucapan Sumpah Janji Anggota DPRD Kota Malang Masa Jabatan 2019-2024 yang berlangsung di Gedung DPRD Kota Malang, Sabtu (24/8/2019).

Dia menyampaikan, meski masa mengabdi anggota DPRD Kota Malang yang purna tersebut tak kurang dari satu tahun atau hasil Pergantian Antar Waktu (PAW), namun ada banyak upaya yang telah dilakukan untuk menyalurkan setiap aspirasi masyarakat melalui beberapa kebijakan yang berhasil ditelurkan.

"Kami telah bekerja semaksimal mungkin sebagaimana fungsi kami yaitu legislasi, anggaran, dan pengawasan," jelasnya.

Selama ini, dalam fungsi legislasi, para anggota dewan menurutnya telah berupaya menyalurkan setiap aspirasi masyarakat untuk bisa dijadikan sebagai sebuah kebijakan. Selanjutnya pada fungsi anggaran, dewan telah berupaya membahas hingga menyetujui beberapa program yang dilalui melalui proses penganggaran. Sedangkan untuk fungsi pengawasan, selama ini setiap kegiatan yang dilaksanakan Pemkot Maallang juga dalam pengawasan legislatif.

"Atas kekurangan dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat saya mewakili teman-teman mohon maaf," terangnya.

Dalam pidato terakhirnya, Bambang juga menyampaikan ucapan permohonan undur diri. Selain itu juga berpesan kepada anggota DPRD Kota Malang periode 2019-2024 untuk menyempurnakan tugas anggota dewan sebelumnya serta meningkatkan kinerja dalam berbagai bidang.