Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unikama, Drs. Sulistyo, M.Ak mbk saat menyiramkan air bunga kepada mahasiswa dalam prosesi yudisium (foto: FEB Unikama for MalangTIMES)
Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unikama, Drs. Sulistyo, M.Ak mbk saat menyiramkan air bunga kepada mahasiswa dalam prosesi yudisium (foto: FEB Unikama for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Wajah-wajah ceria, nampak pada 179 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) yang hari ini (21/8/2019) berkumpul di Auditorium Multikultural. 

Baca Juga : Alumni Benarkan Adanya Desas-desus Pergantian WR III UMM

Pantas saja, sebab mereka hari ini secara resmi di belakang namanya tertaut gelar sarjana setelah mengikuti kegiatan yudisium semester genap tahun akademik 2018/2019.

Dekan FEB, Unikama, Drs. Sukistyo, M.Ak,  menjelaskan, jika para lulusan ini telah dibekali ilmu yang mumpuni dari masing-masing prodi yang ditempuh, sehingga diharapkan mereka bisa memanfaatkan ilmu maupun pengetahuan yang mereka miliki untuk hal yang bermanfaat.

"Kami harapkan mereka bisa menggunakan kompetensinya, keilmuannya untuk berkarya sesuai dengan bidang ilmunya," ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, untuk semakin mempertangguh para lulusan dalam bersaing, FEB juga telah membekali para lulusannya dengan pengetahuan-pengetahuan maupun ilmu yang telah sesuai dalam era Revolusi Industri 4.0.

"Kompetensi apa yang dibutuhkan untuk era Revolusi Industri 4.0, saya kira tidak ada masalah, karena mahasiswa FEB sudah siap untuk menghadapi era itu," jelasnya.

Kemudian harapan kedepannya, diharapkan juga, para lulusan bisa terus menjaga nama baik almamater, dimanapun berada, termasuk di dalam dunia kerja.

Baca Juga : Penunjukan Wakil Rektor III UMM Timbulkan Polemik, Rektor Minta Anulir SK PP Muhammadiyah

Sementara itu, dalam yudisium tersebut, juga sempat digelar sebuah ritual siraman bunga, yang sudah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh para lulusan dari FEB Unikama.

Wakil Dekan FEB Dr. Vinus Maulina, MM, menambahkan yudisium juga dilakukan sebuah kegiatan yang menjadi kegiatan tahunan, yakni siraman bunga. Siraman bunga tersebut, merupakan simbolis luapan kegembiraan mereka yang telah lulus.

"Ini setiap tahun dilakukan. Ini memberikan motivasi pada mahasiswa, bahwa ini hari baru mahasiswa untuk menyambut, memasuki dunia kerja maupun dalam masyarakat," pungkasnya.