Kanan Direktur FIF Group R Sutjahja Nugroho bersama dengan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko , Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso dan para pemenang saat Festival Kampung Berseri Astra di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji Kota Batu beberapa saat yang lalu
Kanan Direktur FIF Group R Sutjahja Nugroho bersama dengan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko , Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso dan para pemenang saat Festival Kampung Berseri Astra di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji Kota Batu beberapa saat yang lalu

MALANGTIMES - Sukses digelarnya Festival Kampung Berseri Astra di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji Kota Batu beberapa lalu merupakan salah satu support dari FIFGROUP dengan tema Astra untuk Indonesia Kreatif. Event yang berlangsung dua hari 3-4 Agustus itu berlangsung dengan sukses dan meriah.

Selama dua hari digelar itu ada pasar rakyat, dan umbul dunggo di halaman Galeri Batik Anjani. Lalu ada pentas seni desa 20 negara di Sumber Rewok Desa Bumiaji. 

Keesokan harinya digelar pemberian apresiasi kepada pemenang Astra Start Up Challenge 2019. Kemudian dilakukan peresmian Taman Batik Astra dan diresmikan Rumah Galeri Batik, dan ditutup dengan menyaksikan Festival Bantengan.

Lalu juga ada karnaval budaya, membatik bersama, pentas seni desa, talkshow creativepreneur, permainan tradisional, festival layang-layang dan business coaching.

Branch Manager FIFGROUP Kota Batu Ading Fardhiansyah mengatakan, kegiatan tersebut agar dapat menginspirasi masyarakat untuk lebih meningkatkan potensi perekonomian. 

"Dengan adanya kolaborasi karya dari seluruh lapisan masyarakat dapat mendorong tumbuhnya ekonomi di suatu daerah," ungkap Ading.

Dipilihnya Kota Batu karena dinilai memiliki potensi ekonomi yang bagus. Selain itu juga banyak wisatawan yang datang. Hal tersebut tentunya menjadi daya tarik tersendiri untuk meningkatkan perekonomian.

Dalam kegiatan tersebut, tak ketinggalan beberapa produk FIFGROUP juga disosialisasikan kepada masyarakat.

Salah satu produk FIFGROUP yang dapat dimanfaatkan oleh petani adalah spektra yang melayani pembiayaan, furniture, elekronik, produk pertanian.

"Seperti traktor normal dan hand taktor. Syaratnya ya cuma KTP dan KK utamanya. Kemudian kita cek dulu lahan sawahnya,” imbuhnya, Jumat (23/8/2019).

Jika persyaratan itu dapat terpenuhi, pinjaman langsung bisa diterima, kurang lebih prosesnya selama 3 jam. Kemudian bagi masyarakat yang ingin mengembangkan usahanya, bisa melalui pengembangan modal danastra.

“Dengan mengajukan BPKB untuk usaha home industry. Calon peminjam bisa mendapatkan dana hingga Rp 35 juta, tergantung pada sepedanya,” jelas pria asal Cirebon ini.

Dengan banyak pelaku usaha di area Kecamatan Bumiaji, akhirnya FIF GROUP Kota Batu juga menambah kios di sana.