Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Beraksi di Sepuluh Lokasi, Spesialis Curanmor Diringkus Polisi Saat Melarikan Diri ke Singosari

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Heryanto

22 - Aug - 2019, 20:05

Mahendra Wahono alias Planet tersangka kasus curanmor beserta barang bukti hasil curian saat diamankan polisi (Foto : Polsek Singosari for MalangTIMES)
Mahendra Wahono alias Planet tersangka kasus curanmor beserta barang bukti hasil curian saat diamankan polisi (Foto : Polsek Singosari for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Mahendra Wahono alias Planet terpaksa harus menghentikan petualangannya untuk mencari sepeda motor yang bisa dia “mangsa”. 

Salah satu warga Jalan Sumber Melaten, Kelurahan Kalirejo, Kecamatan Lawang ini, diringkus polisi lantaran terbukti sering melancarkan aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di beberapa lokasi kejadian.

Baca Juga : Edarkan Sabu di Tengah Pandemi Covid-19, Pengedar Asal Malang Dicokok Polisi Blitar

”Tersangka yang baru saja kami amankan ini merupakan pelaku spesialis curanmor, dari hasil penyidikan sementara tersangka sudah melancarkan aksinya di 10 lokasi yang ada di Malang Raya,” kata Kanit Reskrim Polsek Singosari, Iptu Supriyono, Kamis (22/8/2019).

Sepuluh lokasi tersebut, lanjut Supriyono, terjadi di Kabupaten Malang dan Kota Malang. 

Dimana 8 kasus curanmor yang dilakukan pelaku, terjadi di wilayah hukum Polsek Singosari.

Sedangkan dua sisanya masing-masing terjadi di Kecamatan Pakis dan Kota Malang.

”Tersangka melancarkan aksi pencurian di 10 TKP (Tempat Kejadian Perkara), sejak bulan Maret lalu. Namun kasusnya masih terus kami dalami, sebab diduga kuat aksi curanmor yang dilakukan pelaku terjadi lebih dari puluhan kali,” sambung Supriyono kepada MalangTIMES.com.

Terakhir, aksi pencurian yang dilakukan pria 24 tahun ini terjadi pada Rabu (21/8/2019) pagi. 

Saat itu tersangka kedapatan sedang membawa kabur motor vixion nopol N-4828-VH yang diketahui milik Sultoni warga Kelurahan Tasikmadu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

”Modus yang digunakan pelaku adalah dengan cara mengambil sepeda motor milik korban yang diparkir di dalam teras rumahnya, dengan menggunakan kunci palsu berupa leter T,” terang Supriyono.

Berdasarkan hasil penyidikan polisi, aksi pencurian terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. 

Usai merusak kontak kendaraan, tersangka langsung membawanya kabur ke arah Kecamatan Singosari.

Tidak lama berselang, korban yang mengetahui sepeda motornya telah dicuri akhirnya melakukan penelusuran di seputar kawasan rumahnya. 

Selain mengintari wilayah Kota Malang, Sultoni juga sempat berkeliling ke wilayah Kecamatan Singosari.

Baca Juga : Di Tengah Pandemi Covid 19, Pelaku Curnamor Makin Liar, Sehari Dua Motor Digasak

Hingga akhirnya, saat melintas di Dusun Morotanjek, Desa Purwoasri, Kecamatan Singosari. 

Pria 36 tahun itu berpapasan dengan pelaku, yang saat itu sedang mengendarai sepeda motor miliknya.

Disaat bersamaan, korban langsung menghadang tersangka Planet dan bereteriak maling sambil menunjuk ke arah tersangka yang saat itu sempat berupaya melarikan diri. 

Mengetahui hal ini, masyarakat setempat serta pengguna jalan yang melintas di lokasi langsung menghajar pelaku.

Pihak kepolisian yang mendapatkan informasi jika ada maling motor yang dihakimi massa, langsung bergerak ke lokasi kejadian. 

Benar saja, setibanya di kawasan Dusun Morotanjek tersangka sudah diamankan warga setempat.

Dengan kondisi babak belur, Planet hanya bisa pasrah saat diglandang polisi ke kantor Mapolsek Singosari. 

Selain mengamankan pelaku, polisi juga menyita berbagai barang bukti. 

Di antaranya satu unit motor hasil curian, empat buah kunci leter T, dan masker penutup wajah yang dijadikan sarana saat melancarkan aksi pencurian.

”Kasusnya masih kami kembangkan guna membongkar komplotan lain yang terlibat. Sedangkan terhadap tersangka Planet kami jerat dengan pasal 363 KUHP, tentang curanmor,” tutup Supriyono.


Topik

Hukum dan Kriminalitas malang berita-malang Mahendra-Wahono-alias-Planet-tersangka-kasus-curanmor Beraksi-di-Sepuluh-Lokasi -Spesialis-Curanmor-Diringkus-Polisi-Saat-Melarikan-Diri


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Heryanto