MALANGTIMES - Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2 Humas) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Hestu Yoga Saksama berharap konsultan pajak lebih banyak memberi andil dalam peningkatan tax ratio (rasio pajak). Pasalnya, dalam laporan Revenue Statistics in Asian and Pacific Economies, Indonesia tercatat sebagai negara dengan tax ratio terendah yaitu hanya 11,5 persen.

Hal tersebut disampaikan Hestu saat membuka Kongres XI Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) di The Singhasari Resort, Kota Batu, hari ini (21/8/2019). "Kami berharap IKPI benar-benar menjadi mitra Ditjen Pajak. Salah satunya bisa meningkatkan rasio pajak yang saat ini masih 11 persen," ujarnya. 

Dia menguraikan, capaian rasio pajak Indonesia berada jauh di bawah rata-rata tax ratio Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) yang pada 2017 lalu mencapai 34,2 persen. "Saat ini upaya utama Ditjen Pajak untuk meningkatkan penerimaan adalah melalui reformasi perpajakan jangka menengah," terangnya.

Selain itu, menurut Hestu, pelayanan dan edukasi perpajakan terus ditingkatkan agar masyarakat yang lebih sadar dan patuh pajak. "Di sini nanti perannya konsultan yang berhubungan langsung dengan wajib pajak. Pemerintah juga akan terus memikirkan langkah-langkah untuk meningkatkan kepatuhan, penerimaan pajak dan tax ratio, dengan tetap menjaga kondisi usaha yang kondusif," tegasnya.

Angka 11,5 persen tersebut, lanjut Hestu, disadari Ditjen Pajak belum optimal untuk mendukung pembiayaan pembangunan. Apalagi, dalam konteks sustainable development goals (SDG) yang mensyaratkan rasio pajak mencapai 16 persen. "Saya juga berharap kongres ini nanti juga akan memunculkan program-program yang selaras dengan kebijakan pemerintah," tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko yang juga hadir memberikan sambutan mengungkapkan bahwa pajak memiliki peran penting dalam pembangunan daerah. Baik yang murni dari pajak daerah maupun yang dihimpun pusat dan disalurkan ke daerah. "Semoga ketua atau pemimpin yang terpilih nanti betul-betul punya visi misi dan komitmen memajukan bangsa dan negara. Regenerasi di IKPI harus berjalan agar organisasi bertumbuh dan terus berkembang," sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Dewanti juga banyak mempromosikan potensi wisata di Kota Batu. Baik wisata alam maupun wisata buatan yang telah menjadi tujuan wisata nasional. "Kami harap nanti bapak-bapak dan ibu-ibu ini juga bisa menikmati dan tidak melewatkan kesempatan berwisata di Kota Batu," pungkasnya.