MALANGTIMES - Kemeriahan agenda pawai yang dilakukan masyarakat pada bulan kemerdekaan Republik Indonesia berdampak positif pada sektor ekonomi. Salah satunya bagi penyedia persewaan kostum karnaval. Permintaan atau order yang diterima meningkat hingga lima kali lipat dibanding hari-hari biasa.

Seperti yang terjadi di persewaan kostum karnaval Selvies Galery di Jalan Sulfat, Kota Malang. Pemilik persewaan, Selvi Helmia Devi mengaku bulan Agustus merupakan salah satu momen yang paling ditunggu dalam kurun satu tahun. "Biasanya jarang, untuk acara-acara tertentu kan sehari paling keluar lima kostum. Tapi saat Agustusan seperti ini bisa paling tidak 25 kostum yang disewa, naiknya lima kali lipat," urainya. 

Perempuan 31 tahun itu mengaku menyediakan ribuan jenis kostum. Mulai yang bertema pahlawan, busana adat, kostum kontemporer baik berukuran kecil hingga yang berukuran besar. "Kan banyak event dan pawai, selain sewa bijian juga ada yang sewa seragam misalnya tema Bollywood untuk satu rombongan, dan lain-lain," sebutnya. 

Tiap kostum, dibanderol mulai harga Rp 50 ribu hingga Rp 500 ribu per hari. Selain disewa di seputaran Malang Raya, kostum-kostum buatannya juga banyak dipinjam dari luar daerah. "Untuk tahun ini sampai ke Banyuwangi, Lombok, dan daerah-daerah di Jawa Timur. Pemasaran utamanya lewat media sosial. Yang paling banyak dicari itu baju adat dan kostum karnaval," sebutnya. 

Meski baru berjalan tiga tahun, menurut Selvi usaha tersebut cukup menjanjikan. Namun, saat ini pihaknya masih terkendala pada ketersediaan aksesori dan bahan penunjang busana. "Bahan-bahannya kan khusus, agak susah dicari. Selain harus mencolok sekaligus atraktif, kan tetap harus nyaman dipakai dan ringan," sebutnya. 

Kenaikan pemesanan juga dialami Griya Busana Praba Kumala di Jalan Gading, Kota Malang. Dalam sehari, tak kurang dari 50 penyewa datang untuk meminjam kostum yang akan digunakan untuk memeriahkan event-event kemeriahan HUT ke-74 RI. "Setiap bulan Agustus memang meningkat, bisa mencapai 50 persen naiknya dari bulan lain," terang Endang Gurnita, pemilik jasa penyewaan kostum.

Untuk harga sewa kostum, menurut Endang relatif bervariasi. Harga sewa tersebut bergantung pada bahan, tingkat kesulitan dalam pembuatan hingga motif yang ada pada kostum. Sehingga penyewa bisa memilih serta menyesuaikan dengan budget yang mereka miliki. "Kalau di sini untuk anak-anak TK kisaran Rp 40 ribu. Sementara untuk orang dewasa paling mahal sekitar Rp 150 ribu untuk dua hari. Jika lebih dari dua hari maka akan terkena charge," pungkasnya.