MALANGTIMES - Bukan hanya Desa Gunungsari Kecamatan Bumiaji yang harus membuka pendaftaran pemilihan kepala desa (pilkades) tahap dua. Desa Sumberejo, Kecamatan Batu juga harus melakukan pendaftaran tahap dua.

Desa Sumberejo terpaksa harus melakukan  pembukaan pendaftaran tahap dua, lantaran bakal calon tidak memenuhi persyaratan. Desa Sumberejo tersebut tidak memenuhi persyaratan karena empat bakal calon yang mengambil formulir tidak lolos verifikasi.

Mereka yang melakukan pilkades Desa Sumberejo ada Riyanto (incumbent), Tekat, dan Novi Dwi Istika. “Sayangnya ada yang persyaratan yang tidak memenuhi,” ungkap Kasubag Pemerintahan Desa Bag Pemerintahan Kota Batu, Abdul Salam.

Sedangkan di Desa Gunungsari hanya memiliki satu bakal calon kepala desa yakni Andi Susili yang merupakan incambent. Karena itu pendaftaran tahap II dibuka pada 9-28 Agustus mendatang. “Hal ini mengacu pada Perda Kota Batu No 1 tahun 2015 tentang Desa dan Diubah No 5 tahun 2018. Serta Perwali No 32 tahun 2016 yang diubah No 76 tahun 2017,” katanya.

Sedang dalam Pilkades tahun 2019 ini ada 11 desa yang mengikuti. Ada 35 bakal calon kepala desa yang mengambil formulir. Di masing-masing desa itu ada bakal calon yang melakukan pendaftaran rata-rata 2-5 orang per desanya. Dari data 11 desa yang masuk di Bagian Pemerintahan Kota Batu, berikut nama calon yang telah mengambil formulir.

Antara lain di Kecamatan Bumiaji ada Desa Tulungrejo yang memiliki lima bakal calon yakni Mardianto, Prastiono, Adi Sasmito, Suliono (incumbent), dan Arrohman Mustofa.

Lalu di Desa Bumiaji ada Edi Susanto (incumbent), Suhariono, dam Ali Mustofa (mantan anggota DPRD). Kemudian Desa Gunungsari ada satu orang yakni Andi Susili (incumbent). Lainnya di Desa Punten ada Hening Trisunu (Sekdes Punten) dan Suliani. Sedangkan di Desa Giripurno ada Maskut dan Suntoro.

Untuk di Kecamatan Batu ada Desa Sidomulyo bakal calon kepala desa yang mendaftar ada Suharto (incumbent), Hanafi (anggota BPD ), Hernanto (mantan sekdes). Lalu di Desa Sumberejo ada Riyanto (incumbent), Tekat, dan Novi Dwi Istika. Kemudian Desa Oro-Oro Ombo ada Wiweko (incamben), Lukito Bowo, Kandam, Heri pranowo, dan Gatot.

Sedangkan di Kecamatan Junrejo ada Desa Beji bakal calonnya ada Wawan Sulistiono, Deni Cahyono, Iwan Riswanto, dan Dedi Irawan.Lalu untuk Desa Torongrejo ada Moh Yakni (Mantan Sekdes), Kateni (incumbent), Sugeng Santoso yang juga yang juga mantan kades, dan Jaya. Dan di Desa Junrejo ada Andi faizal H (incumbent), Rohmad Santoso (mantan kades), dan Hadi Wignya (mantan kasun).