Workshop on Article Writing for Journal Publication: Theory and Practice di Unikama yang diikuti 65 calon wisudawan Prodi Pendidikan B.Inggris (Unikama for MalangTIMES)
Workshop on Article Writing for Journal Publication: Theory and Practice di Unikama yang diikuti 65 calon wisudawan Prodi Pendidikan B.Inggris (Unikama for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Selaras dengan tema Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 74, dimana bertema Sumberdaya Manusia Unggul, Indonesia Maju, Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) juga mempersiapkan para mahasiswa menjadi lulusan berkualitas dengan meningkatkan mutu pendidikan perguruan tinggi melalui publikasi.

Upaya tersebut dilakukan dengan menggelar Workshop on Article Writing for Journal Publication: Theory and Practice (16/8/2019). Kegiatan tersebut digelar oleh 
Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris, dengan pemateri Riza Weganofa, M. Pd.

Sekretaris Prodi, Rizky Lutviana, M. Pd, menjelaskan, bahwa kegiatan ini digelar, selain untuk menyambut kebijakan akademik universitas, dimana mahasiswa wajib melakukan publikasi ilmiah, juga sebagai enrichment activity atas teori yang telah diberikan dalam mata kuliah advanced academic writing.

"Sebagaimana diketahui, bahwa penulisan skripsi dan publikasi artikel ilmiah adalah serupa namun tak sama. Prodi berharap banyak publikasi yang dihasilkan oleh mahasiswa, baik di jurnal nasional maupun internasional," jelasnya.

Sementara itu, menanggapi adanya kegiatan Workshop on Article Writing for Journal Publication: Theory and Practice yang digelar Pendidikan Bahasa Inggris, Thermutis Paulina, mahasiswa Unikama angkatan tahun 2015, menjelaskan jika adanya kegiatan tersebut sangatlah menarik dan menambah wawasan khususnya dalam publikasi jurnal ilmiah.

Sebab, dalam materi workshop, dipaparkan materi tentang bagaimana membuat sebuah artikel dan bagaimana cara untuk membuat sebuah judul artikel yang berbobot. Selain itu, dalam workshop juga dijelaskan bagaimana mendapatkan sebuah journal, untuk mempublikasikan artikel yang sudah ditulis.

"Menurut saya, workshop ini sangat menarik, karena mencakup banyak hal. Workshop semacam ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa semester akhir yang sedang atau sudah selesai mengerjakan skripsi. Karena selama kuliah, kita tidak mempunyai pemahaman tentang penulisan artikel sebelumnya. Semoga, workshop ini dilaksanakan setiap tahunnya untuk mempermudah mahasiswa dalam mengerjakan artikel," pungkasnya.

Dalam kegiatan Workshop on Article Writing for Journal Publication: Theory and Practice, yang diigelar di Gedung G5-G6 Unikama, diikuti oleh 65 calon wisudawan Pendidikan Bahasa Inggris tahun 2018/2019. Para calon wisudawan sendiri begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut.