Screenshot video. (istimewa)
Screenshot video. (istimewa)

MALANGTIMES - Fenomena jasad yang utuh walau sudah lama meninggal kembali menjadi berita hangat. Kali ini, viral sebuah video penggalian makam seorang gadis di WhatsApp.

Jasad gadis tersebut tampak utuh ketika kain kafan dibuka. Bahkan wajahnya pun tampak masih segar.

Dalam penggalian makam di video itu, orang-orang terdengar memuliakan asma Allah dengan mengucap takbir berkali-kali. "Allahu Akbar," ucap orang-orang itu.

Didengar bahasanya saat mereka berbicara, video berdurasi 3,28 menit itu  berasal dari Timur Tengah.

Dalam penggalian, kayu-kayu penutup jenazah pun satu per satu diambil. Takbir semakin lantang dan sering diucapkan.

Dan, setelah kayu-kayu itu diambil, jenazah terlihat masih utuh. Bahkan, kain kafannya pun masih putih bersih seperti baru beberapa jam dikuburkan.

Pada menit kedua, jasad itu kemudian diangkat. Pengangkat jenazah lantas membuka kain kafan yang menutupi wajah jenazah.

Subhanallah, wajah gadis itu masih terlihat segar. Matanya terbuka dan wajahnya teduh menenangkan. Bahkan bibirnya pun masih berwarna merah cantik.

Dalam pesan WhatsApp tersebut, disebutkan bahwa jasad gadis tersebut sudah dua tahun dikuburkan. Dia adalah seorang gadis ahli salat. Salatnya selalu dijaga lima waktu. Bahkan, dalam pesan berantai tersebut, diinformasikan bahwa gadis itu juga ahli tahajud semasa hidupnya.

 

 

Tertulis bahwa setelah dua tahun berlalu, si gadis yang sudah wafat datang kepada ayahnya lewat mimpi. Dia berkata kepada ayahnya: "Kemarilah engkau. Ubahlah (pindahkan) kuburku, karena tetanggaku ini, dia tidak pernah salat sampai akhirnya dia meninggal dan dikubur di sebelahku, dan aku terganggu olehnya (karena diazab)."

Akhirnya, sang ayah memberi tahu perihal mimpinya kepada otoritas setempat. Lantas mereka menggali kuburan anaknya.

"Lalu lihatlah (apa yang terjadi pada jasad anaknya). Satu karomah, karena menjaga salat lima waktu dan rajin bangun tengah malam sehingga jasadnya seperti anak yang lagi tidur. Subhanallah," tutup pesan tersebut.

Lantas apakah pesan tersebut benar adanya? Wallahu alam.

Kisah jasad yang utuh setelah bertahun-tahun dikubur memang beberapa kali menjadi berita hangat. Apakah ini sebuah hal yang mustahil? Jika ditinjau dari sisi spiritual, jawabannya boleh jadi ‘tidak’. 

Fenomena jasad yang tidak membusuk dan masih utuh memang ada dan tersirat dalam agama Islam. Imam Bukhori juga pernah berkata, beberapa jenazah yang masih utuh ada yang tergolong pada beberapa kriteria. Di antaranya jenazah para nabi dan utusan Allah SWT, jenazah ahli jihad fisabilillah, jenazah alim ulama yang menegakkan kalimat Allah SWT, dan jenazah syuhada yang senantiasa memperjuangkan Islam.

Selain itu, jenazah penghafal Alquran dan beramal dengan Alquran, jenazah pemimpin yang adil dalam menegakkan syariat Allah SWT, jenazah tukang azan yang tidak meminta imbalan, jenazah wanita yang meninggal ketika melahirkan anak serta senantiasa taat kepada perintah Allah SWT.

Dua yang lain yakni orang mati dibunuh atau dianiaya karena mempertahankan maruah dan agama serta orang yang mati di siang hari atau di malam Jumat jika mereka itu dari kalangan orang yang beriman yang sentiasa menjaga hukum agama semasa hidup di atas dunia.