MALANGTIMES - Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji merupakan daerah yang kaya akan susu sapinya. Hasil susunya kini telah melenggang di pulau Dewata. “Hasil perah susu kami selain untuk perusahaan Nestle, juga dibeli oleh warga di Denpasar, Bali,” ungkap ungkap Ketua Kelompok Tanu Margo Makmur, Munir.

Ia menambahkan susu pasteurisasi yang diminati adalah plain atau tidak ada rasa. Susu itu akan dikirim setiap tiga hari ke pulau Dewata tersebut. Setiap kali pengiriman ada 300 liter. Sebanyak 300 liter itu dihasilkan dari sapi-sapi yang ada. Setiap harinya satu ekor sapi ini dapat menghasilkan 15 liter susu. “Untuk harga susu sapi ini Rp 5.500 per liternya,” imbuhnya kepada MalangTIMES.com.

Selain itu, susu juga diolah menjadi makanan ringan. Seperti stik susu, susu susu pasteurisasi.

Sementara itu, dari tahun 2018 lalu jumlah warga yang tinggal di Dusun Brau sebanyak 450 jiwa. Jumlah sapi perah yang dipelihara warga sekitar seribu ekor. Rata-rata tiap kepala keluarga (KK) di dusun tersebut memiliki lima ekor sapi perah. Bahkan, ada juga satu keluarga yang memiliki 20 ekor sapi perah.