Resepsi HUT Ke-74 RI di Kota Batu Semarak, Wali Kota Ajak Generasi Muda Ber-SDM Unggul

Aug 18, 2019 09:07
Wali kota Batu Dewanti Rumpoko (memakai kebaya putih) /foto Muklas BatuTIMES.
Wali kota Batu Dewanti Rumpoko (memakai kebaya putih) /foto Muklas BatuTIMES.

MALANGTIMES - Resepsi kenegaraan peringatan HUT Ke-74 Kemedekaan Indonesia di Kota Batu berlangsung semarak, Sabtu malam (17/08/2019). Acara perjamuan kenegaraan  itu digelar di area Balai Kota Among Tani sebelah timur. 

Awal pembukaan acara, semua yang hadir disajikan tarian Kemilau Nusantara dari Sanggar Karsa Budaya, Malang. Para penari berlenggak-lenggok dengan lincah. Sehingga, semua yang hadir ikut terhibur dan merasakan makna kemerdekaan secara mendalam. 

Selain itu,  ada lagu yang bisa menggugah semangat untuk terus mengibarkan sang Saka Merah Putih serta menggapai cita-cita setinggi langit.

Baca Juga : Pengantin 'Masker', Anak Kapolsek Beji Menyambut Hari Bahagia di Tengah Pandemi Covid-19

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengutip pernyataan Presiden Indonesia Joko Widodo menyatakan bahwa negara Indonesia sudah bebas dari belenggu kolonialisme. Untuk itu, generasi mendatang tidak usah takut dengan negara adidaya. Dengan kecanggihan teknologi, generasi bumi pertiwi masih mampu bersaing dengan negara-negara maju.

"Yang perlu ditanamkan kepada generasi emas adalah mau berkreativitas, mau berkreasi. SDM (sumber daya manusia) Kota Batu sangat luas. Gerakan kemampuan afektif, psikomotorik, dan berkomitmen mau maju. Untuk itu, softskill harus diasah dan dilatih sejak dini," kata wali kota perempuan pertama di Kota Apel ini.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo menegaskan agar generasi mau bercermin kepada masa lalu. Yakni kepada para pendiri bangsa dan para pejuang dalam mempertahankan negara. Generasi muda juga harus menjaga dan merawat bangsa Indonesia.

"Meskipun negara kepulauan dan terbentang segala jenis flora dan fauna, kesadaran dan menanamkan rasa cinta kepada tanah air menjadi prioritas. Untuk itu, langkah dan ucapan pendahulu bisa menggetarkan ibu pertiwi," ujarnya.

Untuk itu, perayaan kemerdekaan tiap 17 Agustus sangat ditunggu-tunggu. Sebab, hal itu menandai kebebasan dari belenggu kolonialisme serta mau membangkitkan sumber daya Indonesia unggul dan Indonesia maju.

"Konsep negara ke depan adalah mengakselerasi ekonomi untuk  kesejahteraan masyarakat. Harapan strategis demografi dan sumber daya manusia unggul. Menjadi tantangan dan daya saing global," tandasnya.

Baca Juga : Serah Terima Jabatan, Ini Harapan Kasat Lantas Polres Batu kepada Pejabat Baru

Untuk itu, Cahyo menegaskan bahwa negara harus hadir demi peningkatan mutu manusia dengan gerakan reformasi menyeluruh. Negara juga mesti menerjemahkan arus utama generasi unggul. Penguatan SDM unggul perlu ditingkatkan.

"Caranya harus terampil, berkontribusi agar Indonesia maju. Dan kami berterima kasih kepada Wali Kota Dewanti Rumpoko yang mau dan bisa memimpin Kota Apel lebih maju. Serta masukan konstruktif dari semua elemen sangat penting agar bermanfaat," ungkap Cahyo.

Turut hadir meramaikan perjamuan itu, Ketua PHBN Kota Batu Yopi Supriyadi, dandim, kajari, kepala BNN Kota Batu, asisten, staf, Ketua Darma Wanita Wibi Asri Punjul Santoso, direktur PDAM, pokja Batu, para camat, lurah, kepala desa hingga para veteran.

Masih dalam satu rangkaian kemerdekaan HUT Kemerdekaan RI, acara juga dimeriahkan beragam lomba. Di antaranya ada lomba bercerita dan berdongeng. Kemudian bantengan, karnaval TK, serta karnaval umum.

Masih di tempat yang sama, pemberian hadiah bagi para pemenang lomba festival olahraga tradisional antardesa dan kelurahan. Juga pemberian uang pembinaan kepada pemenang lomba bercerita juga menjadi kisi-kisi acara resepsi tersebut.

Topik
HUT Ke 74 RI di Kota BatuBalai Kota Among TaniWali Kota BatuDewanti RumpokoPemerintah Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru