Suasana upacara HUT Kemerdekaan RI ke 74 yang digelar Unikama (Unikama for MalangTIMES)
Suasana upacara HUT Kemerdekaan RI ke 74 yang digelar Unikama (Unikama for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, turut disambut suka cita Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) dengan menggelar upacara memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 di halaman  Kampus Unikama.

Seluruh Civitas Akademika Unikama, mulai jajaran PPLP PT PGRI Malang, Rektorat, Dosen, Karyawan, Mahasiswa program PPG hingga Siswa Siswi SMK PGRI 6 Malang, turut hadir dalam upacara yang berjalan dengan khidmat tersebut.

Rektor Unikama, Dr. Pieter Sahertian, M.Si., yang dalam upacara tersebut sebagai inspektur upacara, meminta agar seluruh Civitas Akademika Unikama, bisa mengambil makna atau pesan moral dari tema HUT Kemerdekaan RI ke 74, dimana bertema 'Sumberdaya Manusia (SDM) Unggul, Indonesia Maju'.

“Seperti halnya tema HUT RI ke 74 SDM Unggul, Indonesia Maju, maka kita juga sebagai SDM harus meningkatkan kemampuan diri kita,” ungkap Rektor Unikama saat sambutan dalam upacara hari ini. 

Lebih lanjut dijelaskannya, jika dengan SDM yang unggul dan berkualitas, maka akan sangat berperan dalam kemajuan dan perkembangan bangsa ke arah yang lebih baik lagi. 

Entah itu, dalam perkembangan dalam bidang pendidikan,  bidang perekonomian, maupun perkembangan bidang lainnya, semua kembali lagi bergantung pada kualitas SDM.

Dan di sini, dalam upaya memajukan dan menciptakan SDM yang unggul, Unikama juga turut berpartisipasi selalu mendukung SDM nya menjadi lebih baik dan terus berkembang dalam bidang pendidikan. 

“Untuk memajukan Indonesia, kita harus mulai dari diri sendiri dan memerdekakan diri kita dengan cara menjadi pribadi yang mandiri dan tidak bergantung pada orang lain,” tambahnya.

Dan kedapan kembali lagi pihaknya berharap, agar SDM di Indonesia dan khususnya SDM di Unikama, bisa lebih berkembang potensi maupun kualitasnya serta mampu menghadapi persaingan di era Revolusi Industri 4.0.

Bahkan, hingga dengan perkembangan Revolusi Industri generasi selanjutnya.