Upacara Kemerdekaan Libatkan Ribuan Siswa, Wali Kota Malang Tekankan Semangat Cinta NKRI

Aug 17, 2019 16:56
Wali Kota Malang Sutiaji saat menjadi inspektur upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang diselenggarakan di Stadion Gajayana Malang, Sabtu (17/8/2019) (Humas Pemkot Malamg for MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji saat menjadi inspektur upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang diselenggarakan di Stadion Gajayana Malang, Sabtu (17/8/2019) (Humas Pemkot Malamg for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia berlangsung khusyuk di Kota Malang. 

Ribuan peserta yang sebagian pelajar turut mengisi hari kemerdekaan itu dengan ikut serta sebagai peserta upacara.

Baca Juga : Viral Surat Stafsus Jokowi untuk Camat, Dicoreti Bak Skripsi hingga Berujung Minta Maaf

Setidaknya, ada sekitar 20 ribu peserta yang datang dan memadati seluruh sisi Stadion Gajayana Malang, Sabtu (17/8/2019). 

Dengan seksama para peserta mengikuti setiap rangkaian upacara yang dimulai dari penampilan tari-tarian nusantara yang juga disuguhkan oleh para pelajar.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi tahun ini berlangsung berbeda. 

Karena Stadion Gajayana dipilih sebagai lokasi tempat pelaksanaan upacara memperingati hari bersejarah itu. 

Selain Stadion Gajayana menjadi salah satu saksi perjuangan arek Malang merebut kemerdekaan, dipilihnya Stadion Gajayana menurutnya juga untuk lebih mengobarkan api semangat persatuan dan kesatuan.

"Dalam berbagai penelitian dikatakan rasa patriotisme mulai menurun seiring berkembangnya zaman. Itu sebabnya upacara digelar di Stasion Gajayana untuk melibatkan seluruh siswa dan pelajar," katanya pada wartawan usai menggelar upacara peringatan Derik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8/2019) di Stadion Gajayana Malang.

Pria berkacamata itu menyampaikan, kemerdekaan semestinya diisi dengan hal yang positif. 

Anak muda dan masyarakat harus terus diajak mencintai NKRI. 

Karena perjuangan pendiri bangsa untuk menyatukan negeri ini sangatlah tidak mudah dan penuh dengan perjuangan yang berdarah.

"Momen seperti ini menjadi kesempatan untuk mengenal dan mengingat bagaimana perjuangan para pahlawan kita," terangnya lagi.

Baca Juga : Viral Video Warga Beri Semangat kepada Pasien Positif Covid-19

Melalui kegiatan positif yang selalu dilakukan untuk mengisi kemerdekaan itu, Sutiaji berharap masyarakat akan semakin memahami makna dari kemerdekaan. 

Sehingga akan lebih mencintai persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

"Kami harap masyarakat paham bahwa Indonesia lahir atas perjuangan para pahlawan, dan semua diwujudkan atas rasa kesatuan dan persatuan," imbuhnya.

Lebih jauh dia menyampaikan, seiring berjalannya waktu, tentu ada banyak hal yang harus terus diperbaiki. 

Pemerintah memiliki peran penting untuk terus melakukan evaluasi dalam setiap langkah yang diambil untuk kemajuan negeri ini. 

"Tentunya ada kekurangan di sana sini, dan akan terus kami evaluasi," pungkasnya.

Topik
MalangBerita MalangWali Kota MalangHUT RIUpacara Kemerdekaanupacara stadion gajayana

Berita Lainnya

Berita

Terbaru