Sejumlah peserta fashion show yang digelar Indomaret cabang Malang saat memperagakan busananya (Hendra Saputra)
Sejumlah peserta fashion show yang digelar Indomaret cabang Malang saat memperagakan busananya (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Memeriahkan hari ulang tahun Republik Indonesia ke 74, Indomaret Cabang Malang menggelar fashion show dari limbah yang juga melibatkan warga.

Baca Juga : Hingga Pertengahan April, 4 Kali Tanah Longsor Terjadi di Kota Batu

Banyak hal yang dilakukan perusahaan untuk mengisi kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, salah satunya yakni Indomaret Cabang Malang yang begitu meriah menggelar fashion show.

Dihelat di halaman depan Indomaret cabang Malang, gelaran fashion show tersebut diikuti dengan semarak oleh para karyawan dan beberapa warga Jl. Mayjen Sungkono, Kelurahan Buring, Kecamatan Kedungkandang, Jum'at (16/8/2019).

Fashion show yang diadakan oleh Indomaret cabang Malang ini tidak kalah dengan fashion show yang digelar oleh para agency model. Meski hanya diikuti oleh karyawan dan beberapa warga, namun mereka menampilkan sebuah hasil karya yang bisa ditiru oleh masyarakat lainnya.

Development Manager Indomaret cabang Malang, Ginanjar Ismu mengatakan bahwa kegiatan fashion show yang sudah diadakan dua tahun ini selalu memanfaatkan barang bekas atau limbah plastik.

Hal tersebut dilakukan karena Indomaret Cabang Malang ingin sedikit mengedukasi masyarakat agar bisa memanfaatkan limbah menajdi hal bermanfaat. "Selain untuk memeriahkan HUT RI ke 74, kami juga berkeinginan mengedukasi masyarakat bahwa sampah juga bisa daur ulang dan dimanfaatkan," ujar Ismu kepada MalangTIMES.com.

Tahun 2018 lanjut Ismu, Indomaret Cabang Malang hanya mengadakan hanya untuk internal karyawan saja. Tapi tahun ini mereka mengajak warga sekitar untuk berpartisipasi bersama.

Baca Juga : Musim Melaut, Para Nelayan yang Berlabuh di Kabupaten Malang Bakal Disemprot Antiseptik

Total ada 21 peserta yang terdiri dari internal Indomaret cabang Malang dan warga sekitar. "Tahun ini kami sudah bisa mengajak warga sekitar kantor untuk berpartisipasi. Saya harap dengan adanya masyarakat juga bisa semakin mendekatkan Indomaret," katanya.

Selain itu, Ismu juga mengungkapkan bahwa alasannya menggelar fashion show dengan bahan dari limbah ini agar ikut berperan aktif untuk membantu Indonesia mengurangi sampah plastik yang selama ini menjadi polemik global. "Dengan kegiatan ini kami juga ingin berperan aktif untuk membantu Indonesia mengurangi sampah plastik. Karena beberapa waktu lalu juga menjadi trending pembicaraan di semua kalangan," ungkapnya.

"Karena Indomaret adalah retail terbesar di Indonesia, jadi juga ada pengaruh besarnya. Dengan itu kami ingin memberikan salah satu kontribusi selain sektor ekonomi juga sosial seperti ini. Intinya keberadaan kami bukan hanya dari segi ekonomi tapi juga kedekatan kepada masyarakat," imbuhnya mengakhiri.

Sementara itu, Kepala Bidang (kabid) Tata Lingkungan Hidup DLH Kota Malang, Arif Tri Sastyawan, S. STP, M.Si yang juga didapuk menjadi juri fashion show mengapresiasi acara yang diselenggarakan oleh Indomaret cabang Malang. Karena hal tersebut bisa membawa dampak positif bagi warga sekitar dan warga Kota Malang umumnya. "Sangat luar biasa sekali. Semoga kegiatan ini terus dilakukan agar bisa memanfaatkan daur ulang sampah dan menjadi contoh masyarakat Kota Malang," kata Arif.