Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Dari Limbah, Warga Desa Sidomulyo Sulap Gapura Burung Garuda 4 Dimesi

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

16 - Aug - 2019, 19:58

Gapura burung garuda menghiasi Dusun Rembug, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Gapura burung garuda menghiasi Dusun Rembug, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Burung garuda berukuran raksasa menghiasi gapura di Dusun Rembug, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu. Burung itu merupakan replika 4 dimensi. Pembuatan replika burung garuda yang dibuat dalam bentuk gapura itu merupakan karya dari warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu. Uniknya bahan yang digunakan dalam pembuatan gapura tersebut menggunakan bahan bekas atau daur ulang. 

Gapura itu memiliki ukuran tinggi 5 meter dan lebarnya 6 meter. Memiliki bahan dari batang pohon dan daun kering dikemas dengan kreatif. Di sekeliling gapura itu dihiasai dengan taman yang cantik dengan beragam bunga. Gapura itu semakin lengkap karena terdapat hamparan tanaman dan bunga milik petani sekitarnya.

Baca Juga : Quraish Shihab Tegaskan Wabah Covid-19 Bukan Azab Allah

Hadirnya gapura 4 dimensi ini bukan hanya untuk memperingati Hari Kemerdekaan ke 74 RI. Namun juga turut serta mengikuti lomba menghias gapura tingkat nasional. “Desa Sidomulyo ini wujud paritisipasi kami dalam mengikuti lomba yang digelar oleh Pemerintah melalui Kemendagri dan Kemenstneg dengan nama Festival Gapura Cinta Negeri,” ungkap Kepala Desa Sidomulyo, Suharto.

Ia menambahkan pembutan gapura empat dimensi berbentuk lambang negara atau burung Garuda tersebut sebagai bentuk partisipasi festival gapura dan mengisi HUT ke 74 RI.  “Gapura ini  sebagai bentuk kreatifitas warga Sidomulyo. Pembuatan gapura merupakan gotong royong masyarakat yang membutuhkan waktu tujuh hari,” imbuhnya, Jumat (16/8/2019).

Untuk pembuatan gapura yang menhabiskan dan Rp 10 juta ini merupakan swadaya dari masyarakat di 12 RW di Desa Sidomulyo. Sedangkan untuk dipilihnya penempatan berada di Dusun Rembug itu lantaran tepat di tengah-tengah areal pertanian bunga.

Baca Juga : Hilang Terseret Arus Pantai Sipelot, Pencari Kerang Ditemukan Meninggal

Dengan penempatan di tengah-tengah areal pertanian bunga itu membuat gapura semakin indah dilihat. Ditambah dengan pemandangan Gunung Panderman, perbukitan, semakin mempercantik gapura tersebut.


Topik

Peristiwa batu berita-batu replika-burung-garuda Festival-Gapura-Cinta-Negeri Kemendagri Kemenstneg


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya