Selain Bisa Menurunkan UKT, Terdapat Banyak Beasiswa untuk Mahasiswa UIN Malang

Aug 16, 2019 19:56
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Malang, Dr H Isroqunnajah M Ag. (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Malang, Dr H Isroqunnajah M Ag. (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) mendapat protes dari mahasiswa lantaran besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa baru yang dirasa terlalu mahal. Sebanyak 3.000 lebih mahasiswa pun melakukan aksi demo di depan gedung Rektorat UIN Malang, Jumat (16/8/2019). Peserta demo banyak dari kalangan mahasiswa lama.

Aspirasi dari mahasiswa tersebut pun akan segera dirapatkan. Rapat diperlukan sebab Rektor tidak bisa serta merta bertindak tanpa persetujuan pimpinan yang lain. "Aspirasinya kita bawa kemudian kita akan rapatkan. Kan nggak mungkin dalam situasi seperti ini. Pak Rektor juga menghargai pimpinan yang lain, dari Kabiro juga. Ini kan kolektif kolegial. Jadi saya kira surat itu kami terima kemudian akan kita proses," jelas Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Malang, Dr H Isroqunnajah M Ag.

Baca Juga : Ungkapan Mahasiswa Asing UIN Malang yang Terisolasi di Kampus

Gus Is pun mengapresiasi kepedulian mahasiswa lama terhadap UKT mahasiswa baru ini. Namun, UKT yang diputuskan bukan sesuatu yang baku yang tidak bisa diubah. Artinya, UKT bisa diubah dan diperingan. "Setiap semester kita selalu menerima usulan penurunan UKT dan selalu kita pelajari," ungkapnya.

Untuk penurunan UKT ini, mahasiswa tinggal mengajukan surat yang kemudian nanti akan dipelajari. Di sini, banyak data yang harus dipelajari mulai dari pajak, penghasilan orang tua, dan lain-lain sesuai dengan peraturan. 

Nah, selain itu, UIN Malang juga memfasilitasi berbagai macam beasiswa. Bidik misi misalnya. "Beasiswa bidikmisi yang tidak pernah mereka itu minta. Ada banyak orang, lebih dari 200 orang. Itu on going. Belum yang baru ini. Itu artinya free mulai awal sampai akhir (kuliah) mereka tidak ada biaya," bebernya.

Selain bidikmisi, terdapat pula beasiswa tahfidz, beasiswa peningkatan prestasi akademik, dan lain-lain. "Artinya ada sumber-sumber lain untuk mengkompensasi kalau dirasa UKT itu terlalu mahal," tandasnya.

Baca Juga : Masih Siaga Covid-19, UB Mudahkan Proses Daftar Ulang Mahasiswa Baru

Penting pula meningkatkan prestasi khususnya di bidang akademik bagi mahasiswa. Prestasi yang dicapai mahasiswa tentu akan berdampak mempermudah dalam pengajuan beasiswa.

Gus Is ingin, agar seberapa banyaknya beasiswa yang dititipkan ke UIN Malang dapat diserap secara maksimal oleh mahasiswa. Sehingga nantinya, akan menambah kemungkinan penambahan kuota beasiswa. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
MalangBerita MalangUniversitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim MalangUang Kuliah TunggalMahasiswa baru

Berita Lainnya

Berita

Terbaru