12 Bencana Selama Juli di Kota Batu, 4 Nyawa Melayang dan Ratusan Hektare Habis Terbakar

MALANGTIMES - Serentetan bencana terjadi di Kota Batu  selama Juli 2019 lalu. Tercatat ada 12 bencana yang terjadi di Kota Batu dalam satu bulan itu.

“Dari 12 kejadian ini, didominasi kebakaran rumah dan lahan hutan. Sisanya karena angin kencang sehingga terjadi pohon tumbang,” ungkap Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBDKota Batu Achmad Choirur Rochim.

Dimulai pada  14 Juli, terjadi kebakaran di Jalan Kertowiryo, Dusun Gintung, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji. Pada tanggal yang sama, juga terjadi kebakaran di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji.

Lalu pada 19 Juli, terjadi dahan pohon patah di jalan WR Supratman, Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu. Kemudian  21 Juli, kebakaran hutan terjadi di Kota Batu.

Kebakaran hutan ini melanda Gunung Panderman. Akibatnya, 70 lhektare ahan hutan terbakar.

Setelah kebakaran hutan berhasil dipadamkan, pada 23 Juli kebakaran rumah melanda di Dusun Jeding, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo. Kebakaran ini langsung menelan 4 korban meninggal dunia yang semuanya kakak beradik.

Hari berikutnya pada 24 Juli, terjadi pohon tumbang di Jalan Trunojoyo, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. Kemudian terjadi kebakaran rumah pada 27 Juli di Jalan Rambutan, Dusun Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu.

Usai kebakaran rumah terjadi, pohon tumbang pada 28 Juli melanda kawasan Abdul Gani Atas, Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu. Lalu kebakaran hutan terjadi pada 29 Juli di area Gunung Arjuno.

“Pada akhir bulan Juli ini memang bencana terus terjadi di Kota Batu. Memang prediksi BMKG, musim kemarau puncaknya  antara Juli sampai Agustus,” kata Rochim.

Ia menambahkan pada 29 Juli itu juga terjadi kebakaran lahan di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. kemudian pada 31 Juli ditutup dengan kebakaran rumah di Dusun Jeding, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo.

Top