Didatangi Tim Kementerian PAN-RB, DPMPTSP Ajak Keliling Fasilitas Pelayanan

MALANGTIMES - Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Malang didatangi oleh tim dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB). 

Kedatangan tim Kemen PAN-RB tersebut dalam rangka melakukan penilaian pelayanan publik yang ada dan telah berjalan di dinas yang dipimpin oleh Iriantoro. Khususnya terkait fasilitas bagi masyarakat yang sedang mengurus berbagai layanan perizinan yang ada di DPMPTSP Kabupaten Malang. Baik terkait keramahan petugas melayani masyarakat, lahan parkir, ruang kesehatan, kantin dan koperasi, fasilitas disabilitas serta hal lainnya terkait administrasi penunjang layanan DPMPTSP Kabupaten Malang.

Dua orang perwakilan dari Kemen PAN-RB diajaknya untuk melihat secara langsung berbagai fasilitas fisik tersebut sampai pada proses pengecekan administrasi yang dilakukan di ruang rapat DPMPTSP Kabupaten Malang.

Iriantoro, kepala DPMPTSP Kabupaten Malang, yang secara langsung mendampingi tim dari Kemen PAN-RB tersebut menyampaikan bahwa kedatangan mereka memang dalam rangka melakukan penilaian secara langsung atas berbagai fasilitas pelayanan yang ada.

"Jadi, memang tim ini bertugas untuk melihat dan menilai fasilitas fisik dan administrasi penunjang pelayanan kita. Ini adalah agenda Kemen PAN-RB setiap tahun kepada OPD yang langsung berhubungan dengan pelayanan publik," kata Iriantoro kepada MalangTIMES, Rabu (14/08/2019) di sela acara penilaian.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Malang Iriantoro (kiri) menunjukkan fasilitas lain di kantornya kepada tim Kemen PAN-RB (Nana)

Agenda tahunan Kemen PAN-RB tersebut untuk menilai seberapa jauh OPD yang secara langsung bersentuhan dengan pelayanan publik, terus berinovasi dan mengembangkan sisi tupoksinya kepada masyarakat.

"Memang untuk OPD seperti kami terus dipantau kemajuan dan progresnya dalam melayani masyarakat. Apakah terus meningkat atau malah menurun setiap tahunnya. Ini bagian dalam mewujudkan pemerintahan yang melayani secara prima," ujar Iriantoro.

Seperti diketahui, di Kabupaten Malang hanya ada 3 OPD yang dinilai oleh Kemen PAN-RB terkait pelayanannya kepada masyarakat. Yakni, DPMPTSP, Rumah Sakit Daerah Kanjuruhan, seeta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Dari tiga OPD tersebut, dari keterangan Iriantoro, kedinasannya di tahun lalu meraih peringkat atau grade tertinggi. "Untuk DPMPTSP nilainya masih yang tertinggi di tahun lalu. Kita mendapat nilai A- atau memuaskan," terangnya.

Beberapa hal yang jadi catatan dalam penilaian tahun lalu oleh Kemen PAN-RB terkait pelayanan, sehingga DPMPTSP Kabupaten Malang masih mengantongi nilai A-, karena masih adanya beberapa fasilitas fisik yang belum terbangun. Misalnya, kantin dan koperasi yang belum ada.
Hal itulah yang di tahun 2019 ini dicukupi oleh DPMPTSP Kabupaten Malang.  

"Tahun ini secara fisik fasilitas di kantor yang memang luasnya seperti saat ini sudah kita cukupi semuanya," ujar Iriantoro yang berharap banyak pembangunan mall pelayanan erpadu di stadion Kanjuruhan, Kepanjen, bisa segera terealisasi.

"Sehingga kita memiliki ruang yang luas dalam berbagai pengembangan fasilitas untuk melayani masyarakat. Tapi, walau dengan keterbatasan yang ada saat ini, semua catatan tahun lalu sudah kita penuhi," pungkasnya.
 

 

Top