Plt Kepala Barenlitbang Kota Malang Erik Setyo Santoso (tengah, kenakan kemeja merah) beserta tim saat usai melakukan penandatanganan perjanjian dengan BPPT. (Barenlitbang Kota Malang for MalangTIMES).

Plt Kepala Barenlitbang Kota Malang Erik Setyo Santoso (tengah, kenakan kemeja merah) beserta tim saat usai melakukan penandatanganan perjanjian dengan BPPT. (Barenlitbang Kota Malang for MalangTIMES).



MALANGTIMES - Satu langkah menuju smart city, Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang melakukan kerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Penandatanganan perjanjian dilakukan langsung oleh Plt Kepala Barenlitbang Kota Malang, Erik Setyo Santoso, Rabu (14/8/2019) di kantor BPPT.

Melalui perjanjian kerja sama itu, penyusunan Sistem Inovasi Daerah (Sida) Kota Malang diyakini akan lebih matang sesuai dengan cita-cita yang tertuang dalam visi dan misi wali kota dan wakil wali Kota Malang. Dua diantaranya adalah menjadikan Malang sebagai smart city dan kota kreatif.

Saat dihubungi, Erik Setyo Santoso menjelaskan, BPPT akan memberi pendampingan kepada Kota Malang dalam setiap proses penyusunan Sida. Sehingga, langkah yang dilakukan lebih tertata untuk mempercepat Kota Malang sebagai kota cerdas. "Akan ada pendampingan khusus dari BPPT dalam setiap inovasi yang akan digerakkan Pemkot Malang," jelasnya kepada MalangTIMES.

Lebih jauh pria ramah itu menjelaskan, setelah melakukan penandatanganan perjanjian, dalam waktu dekat, tim BPPT akan datang ke Kota Malang. Nantinya, pertemuan akan dilakukan dengan wali kota Malang serta organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mematangkan rencana pembangunan Kota Malang sebagaimana tercantum dalam RPJMD Kota Malang.

"Jadi, akan dilihat kondisi terkini di Kota Malang untuk kemudian akan ditetapkan langkah-langkah selanjutnya sebagai pematangan konsep," ucap Erik.

Ke depan, akan disusun formasi serta pendalaman dari setiap rencana yang telah disusun bersama dengan BPPT. Sehingga, konsep yang akan diterapkan dapat lebih dimatangkan lagi untuk bisa direalisasikan lebih cepat dan dengan cara yang lebih efisien lagi. "Termasuk seperti pematangan pemasangan CCTV dan beberapa inovasi yang sudah berjalan selama ini," imbuhnya.

Selain memberi pendampingan pada Sida, Erik berharap BPPT juga akan memberikan pendampingan pada banyak hal lain yang sedang digerakkan oleh Pemkot Malang. Sehingga, peningkatan pelayanan publik yang lebih cepat dan efisien dapat segera terwujud.

"BPPT sebagai salah satu lembaga pemerintah yang bergerak dalam bidang inovasi dan teknologi sangat berkualitas dan kompeten. Melalui kerja sama yang terjalin, kami optimistis cita-cita Kota Malang sebagai smart city akan segera terwujud. Termasuk banyak cita-cita lainnya. Selain itu, layanan publik akan lebih baik dan selalu ada peningkatan," pungkas Erik.

End of content

No more pages to load